Hydroquinone adalah obat untuk mengatasi bercak gelap pada kulit akibat penumpukan melanin (hiperpigmentasi). Beberapa kondisi hiperpigmentasi yang bisa diatasi dengan obat ini adalah melasma, flek hitam, dan chloasma.  

Hydroquinone bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin. Dengan begitu, kulit yang sebelumnya menggelap akibat penumpukan melanin bisa lebih cerah dan tampak senada dengan area kulit di sekitarnya. Obat ini tersedia dalam berbentuk krim dan hanya bisa digunakan sesuai dengan resep dokter.

alodokter-hydroquinone
Merek dagang hydroquinone: Albavance F, Bioquin, Dermacept RX HQ Solution, Dequinon, Dequinon Forte, Eqinon, Eqinon Forte, Farmaquin, Lumiquin, Mediquin, Melanox, Melanox Forte, Melaqiderm, Melaquin, Nygrox, Obagi Nu-Derm Clear, Quintri, Refaquin, Trequinon, Tricodion, Ufiquin 4%, Ufiquin 5%, Vitaquin

Apa Itu Hydroquinone

Golongan Obat resep
Kategori Obat pencerah kulit
Manfaat Mencerahkan bagian kulit yang warnanya lebih gelap karena hiperpigmentasi
Digunakan oleh Dewasa dan anak usia >12 tahun
Hydroquinone untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Hydroquinone belum diketahui apakah dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Bentuk Krim (cream)

Peringatan Sebelum Mengunakan Hydroquinone

Hydroquinone tidak boleh digunakan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan hydroquinone, yaitu:

  • Jangan menggunakan hydroquinone jika Anda alergi terhadap obat ini. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki, termasuk alergi sulfat.
  • Jangan menggunakan hydroquinone pada kulit yang mengalami biang keringat, terluka, terbakar sinar matahari, atau yang mudah mengalami iritasi.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita asma, penyakit ginjal, penyakit hati, atau penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu, terutama ketika sedang menggunakan antibiotik.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Gunakan tabir surya dan batasi aktivitas yang membuat Anda terpapar sinar matahari secara langsung saat menggunakan hydroquinone, karena obat ini dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan hydroquinone.

Dosis dan Aturan Pakai Hydroquinone

Krim hydroquinone 2–4% digunakan oleh orang dewasa dengan cara dioleskan secara merata pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi, setiap 12 jam sekali. Obat ini dianjurkan untuk digunakan pada pada pagi dan malam hari.

Cara Menggunakan Hydroquinone dengan Benar

Gunakan hydroquinone sesuai anjuran dokter atau keterangan pada kemasan. Untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap cream hyroquinone, oleskan sedikit krim pada lengan dan tunggu hingga 24 jam. Jika Anda alergi terhadap hydroquinone maka area tersebut akan terasa gatal, bengkak, atau melepuh. Jangan gunakan obat ini jika Anda mengalami reaksi alergi tersebut.

Hindari pemakaian obat di area kulit sekitar mata, serta di bagian dalam hidung atau mulut. Jangan menggunakan obat pada kulit yang luka, kering, atau teriritasi. Jika hydroquinone terkena area tersebut, segera cuci dengan air mengalir sampai bersih.

Sebelum dan sesudah menggunakan hydroquinone, jangan lupa cuci tangan dengan air dan sabun. Bersihkan dan keringkan juga daerah kulit yang ingin diolesi hydroquinone.

Ambil krim hydroquinone secukupnya dan oleskan dengan lembut di daerah kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Jangan menutup daerah kulit yang telah diolesi hydroquinone dengan perban atau make-up, kecuali jika diperbolehkan oleh dokter.

Gunakan hydroquinone pada waktu yang sama setiap harinya untuk memperoleh hasil yang optimal. Jika lupa menggunakan obat, segera melakukannya jika jeda dengan jadwal penggunaan berikutnya tidak terlalu dekat. Bila sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Bagian kulit yang diolesi hydroquinone akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya SPF 30 atau lebih saat berada di luar ruangan.

Lakukan konsultasi kembali dengan dokter apabila dalam waktu 2 bulan tidak ada perbaikan pada area kulit yang sedang ditangani.

Simpan hydroquinone di tempat bersuhu ruangan yang kering. Hindarkan obat dari sinar matahari langsung, serta jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Hydroquinone dengan Obat dan Bahan Lain

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika hydroquinone digunakan bersamaan dengan obat dan bahan lain:

  • Menimbulkan noda pada kulit jika digunakan dengan benzoyl peroxide atau hydrogen peroxide
  • Memicu iritasi kulit jika digunakan dengan sabun, sampo, pewarna rambut, penghilang bulu, wax, serta pembersih kulit yang mengandung tambahan alkohol, astrigen, rempah-rempah, atau jeruk nipis

Efek Samping dan Bahaya Hydroquinone

Penggunaan hydroquinone dapat menimbulkan efek samping yang berbeda pada tiap penggunanya. Efek samping yang dapat terjadi adalah:

  • Kulit bewarna kemerahan
  • Kulit kering
  • Kulit terasa seperti terbakar
  • Kulit terasa seperti tersengat

Biasanya, efek samping yang timbul hanya bersifat sementara. Namun, lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping di atas tidak kunjung mereda atau semakin parah.

Selain itu, Anda perlu segera ke dokter jika terjadi efek samping serius yang jarang terjadi, seperti kulit melepuh dan pecah-pecah, atau warna kulit berubah menjadi biru kehitaman (ochronosis). Efek samping ini biasanya terjadi akibat penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang atau lebih dari 5 bulan.