Krim BB dan krim CC kian populer di kalangan wanita karena bisa mempersingkat waktu saat merias wajah. Namun, sebelum menggunakannya, penting untuk mengetahui perbedaan krim BB dan krim CC agar hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Secara umum, krim BB dan krim CC merupakan produk kosmetik multifungsi yang tidak hanya dapat digunakan sebagai produk make up saja, melainkan juga untuk merawat kulit wajah.

Ini Perbedaan Krim BB dan Krim CC serta Cara Menggunakannya - Alodokter

Berdasarkan bahan kandungannya, krim BB dan krim CC dapat memiliki beberapa manfaat sekaligus. Contohnya, satu produk krim BB atau krim CC bisa berfungsi sebagai alas bedak sekaligus mengandung pelembap wajah dan tabir surya.

Perbedaan Krim BB dan Krim CC

Meski krim BB dan krim CC memiliki fungsi yang hampir serupa, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara krim BB dan krim CC:

Berdasarkan daya tutupnya

Krim BB dan krim CC memang sama-sama memiliki fungsi utama yang serupa dengan alas bedak. Meski demikian, kemampuan krim BB dan krim CC dalam menyamarkan masalah pada kulit wajah berbeda.

Krim BB menawarkan daya tutup atau coverage yang tipis, sehingga saat memakainya, Anda akan mendapatkan tampilan make up yang alami dan lebih mirip kulit asli. Namun, daya tutup yang tipis ini membuat krim BB kurang baik dalam menyamarkan warna gelap, seperti noda hitam di wajah.

Sementara itu, krim CC berfungsi sebagai color correcting, yang artinya telah diformulasikan khusus untuk memperbaiki tampilan warna kulit wajah yang tidak merata.

Oleh karena itu, krim CC bermanfaat untuk menyamarkan beragam masalah kulit wajah, seperti kulit kemerahan, noda bekas jerawat, mata panda, atau bahkan garis halus dan kerutan.

Berdasarkan hasil akhirnya

Selain dari kemampuannya dalam menutupi masalah pada kulit wajah, krim BB dan krim CC juga memiliki perbedaan berdasarkan hasil akhir tekstur kulit pemakainya.

Krim BB umumnya lebih kental, karena mengandung lebih banyak pelembap. Oleh karena itu, pengguna krim BB akan mendapatkan hasil akhir wajah yang terkesan lebih segar, berkilau, dan sehat bercahaya,

Sementara itu, krim CC mengandung lebih sedikit pelembap dan memiliki formulasi yang lebih ringan daripada krim BB, sehingga akan memberikan hasil akhir yang lebih halus, bebas kilap, dan tanpa efek berkilau.

Berdasarkan jenis kulit pemakai

Jika Anda merasa kebingungan saat hendak memilih produk kosmetik, termasuk, krim BB atau krim CC, sebaiknya perhatikan kembali jenis kulit yang Anda miliki.

Krim BB lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit kering, sebab kandungan emolien di dalamnya, seperti gliserin dan panthenol, mampu menghidrasi dan melembutkan kulit wajah dengan maksimal.

Sebaliknya, kulit berminyak dan kulit sensitif disarankan untuk memilih krim CC. Karena krim CC mengandung lebih sedikit pelembap atau minyak, sehingga berisiko lebih kecil untuk memicu penyumbatan pori-pori penyebab munculnya jerawat.

Tips Menggunakan Krim BB dan Krim CC

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat menggunakan krim BB atau krim CC agar hasilnya memuaskan dan tahan lama, serta terasa nyaman di kulit meski digunakan sepanjang hari.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang disarankan saat menggunakan krim BB atau krim CC:

  • Cucilah wajah dengan bersih terlebih dahulu sebelum memakai krim BB atau krim CC.
  • Gunakan pelembap setelah mencuci wajah agar tekstur kulit menjadi halus, sehingga krim BB atau krim CC lebih menempel di kulit dan tahan lama.
  • Pakailah tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 dengan label broad spectrum untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih.
  • Gunakan krim BB atau krim CC yang sesuai dengan warna kulit agar tidak ada perbedaan atau belang antara warna kulit wajah dan leher.
  • Terakhir, gunakan sedikit bedak tabur atau bedak padat setelah menggunakan krim BB atau krim CC untuk menyempurnakan penampilan wajah.

Setelah mengetahui perbedaan antara krim BB dan krim CC serta tips untuk menggunakannya, kini Anda dapat menentukan produk mana yang lebih dibutuhkan untuk mempercantik tampilan wajah.

Namun, jika Anda kesulitan memilih produk kosmetik sesuai jenis kulit atau mengalami masalah pada kulit wajah setelah menggunakan produk tertentu, termasuk krim BB dan krim CC, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.