Manfaat daun suji sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Selain dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, daun suji juga diyakini memiliki potensi menjadi obat tradisional.

Daun suji (Dracaena angustifolia) merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan.

Inilah Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Selain memberi aroma harum yang kuat dan khas pada makanan, manfaat daun suji untuk menjaga kesehatan tubuh pun tak bisa disepelekan.

Berbagai Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Selain kaya akan klorofil yang sudah terkenal bermanfaat untuk kesehatan, daun suji juga mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam daun suji antara lain alkaloid, flavonoid, tannin, terpenoid, saponin, polifenol, dan glikosida.

Selain bekerja sebagai antioksidan, senyawa-senyawa tersebut juga dapat berperan sebagai antiradang, antinyeri, antibakteri, dan antijamur. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun suji bagi kesehatan:

1. Meredakan nyeri haid

Sebagian perempuan mungkin sering mengalami nyeri perut (dismenore) sebelum atau pada saat menstruasi. Alih-alih mengonsumsi obat yang dijual bebas tapi belum tentu aman, Anda bisa memanfaatkan daun suji sebagai obat alami untuk meringankan rasa nyeri tersebut.

Nyeri haid timbul karena tubuh mengeluarkan hormon prostaglandin lebih banyak. Hormon ini dapat memicu peradangan dan kontraksi otot rahim, hingga munculah rasa sakit. Kandungan senyawa saponin dalam daun suji diketahui dapat meredakan peradangan, sehingga dinilai mampu mengurangi nyeri saat haid.

Untuk mendapatkan manfaat daun suji ini, cukup ambil daun suji yang segar sekitar 20 gram, bersihkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya. Setelah itu, saring air rebusan dan dinginkan. Anda bisa minum air daun suji ini sebanyak 1 gelas sehari untuk meredakan nyeri haid.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Selain mengatasi nyeri haid, ekstrak daun suji juga telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal di beberapa daerah di Indonesia untuk mengatasi keluhan pernapasan, seperti sesak napas dan batuk.

Manfaat daun suji ini diduga berkaitan dengan kemampuan ekstrak daun suji dalam membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan, seperti Strepcoccus pneumoniae (penyebab pneumonia) dan Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC).

3. Meredakan gejala syok anafilaktik

Syok anafilaktik adalah gejala reaksi alergi berat dan mengancam jiwa yang disebabkan oleh respons berlebihan sistem imun tubuh terhadap suatu pemicu, misalnya makanan atau obat-obatan. Gejala yang bisa terjadi mulai dari sulit bernapas, wajah membengkak, pusing, hingga kehilangan kesadaran.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid yang tinggi pada daun suji dapat menurunkan gejala syok anafilaktik. Sebenarnya, manfaat daun suji ini baru terbukti pada hewan. Namun, dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrak daun suji dapat memberikan efek baik untuk sistem imun.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari konsumsi daun suji adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%.

Dengan khasiat ini, Anda juga akan terlindungi dari banyak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan senyawa flavonoid yang banyak dalam daun suji juga memiliki peran penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat.

Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kanker. Ditambah lagi, daun suji juga mengandung banyak senyawa triterpenat yang telah terbukti dapat membunuh sel kanker.

Selain manfaat daun suji yang telah disebutkan, kandungan senyawa aktif pada ekstrak daun suji juga diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit beri-beri, disentria, dan diare.

Meski demikian, efektivitas dan tingkat keamanan daun suji sebagai salah satu pengobatan herbal masih perlu diteliti lebih lanjut.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi daun suji sebagai terapi tambahan untuk kondisi yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan manfaat daun suji dengan aman.