Selain untuk kelangsungan hidup tanaman, manfaat klorofil untuk kesehatan manusia juga tak kalah penting. Klorofil mengandung banyak senyawa alami yang bisa membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Klorofil adalah pewarna hijau alami pada tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari. Manfaat klorofil untuk kesehatan bisa diperoleh dari berbagai sayuran berdaun hijau, misalnya bayam atau rumput gandum (wheatgrass).

Ragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan - Alodokter

Anda bisa menikmati klorofil dengan cara sederhana, seperti membuat jus, tumis sayur, maupun sup. Bahkan, saat ini sudah banyak juga suplemen yang menyediakan klorofil dalam kadar yang tinggi.

Beragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

Klorofil mengandung vitamin, antioksidan, dan beberapa komponen yang dapat melawan penyakit. Beberapa manfaat klorofil untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan antara lain:

1. Meningkatkan detoksifikasi dan mencegah kanker

Klorofil telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan tubuh dari racun, zat berbahaya, atau limbah metabolisme secara alami. Proses inilah yang dikenal sebagai detoksifikasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa detoksifikasi yang lebih efektif melalui konsumsi klorofil ini dapat mencegah kerusakan hati dan kanker sistem pencernaan, terutama kanker hati.

2. Melawan jerawat

Kandungan antioksidan alami, efek antiradang, dan antibakteri dalam klorofil telah teruji secara klinis memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Klorofil dinilai efektif dalam mengurangi peradangan akibat pertumbuhan bakteri yang merupakan faktor penyebab jerawat paling umum.

Manfaat ini bisa Anda peroleh secara maksimal dengan penggunaan klorofil dalam bentuk gel 2 kali sehari. Penelitian menunjukkan pemakaian gel klorofil selama 3 minggu dapat memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat dan berpori-pori besar.

3. Menurunkan berat badan

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen klorofil dapat mengurangi asupan makanan seseorang, sekaligus menciptakan rasa kenyang lebih cepat dengan mengatur kadar hormon lapar dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, efek ini dapat menekan asupan kalori harian dan lama-kelamaan menyebabkan penurunan berat badan. Selain itu, suplemen klorofil juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga juga baik untuk mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan produksi sel darah merah

Klorofil diduga dapat meningkatkan produksi dan kualitas sel darah merah. Manfaat klorofil yang satu ini dibuktikan dengan penelitian mengenai konsumsi rumput gandum yang mengandung 70% klorofil oleh penderita thalasemia atau kelainan sel darah merah.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa pasien yang mengonsumsi makanan tinggi klorofil jadi membutuhkan lebih sedikit transfusi darah dibanding sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien yang tadinya harus berkali-kali menjalani transfusi dalam jarak yang dekat.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat klorofil untuk kesehatan, di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, meredakan peradangan, mencegah bau badan, dan menunda penuaan.

Meski demikian, manfaat-manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika ingin mendapatkan manfaat klorofil, Anda bisa membuat jus sayuran hijau yang kaya akan klorofil atau langsung mengonsumsi suplemen klorofil. Namun, sebelum mencoba suplemen klorofil, ada baiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk kondisi tertentu.