Ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah meditasi metta. Selain bisa membantumu mendapatkan ketenangan, jenis meditasi ini juga diketahui dapat meningkatkan kualitas hidupmu. Meditasi metta pun juga tak sulit untuk diterapkan, kok.

Meditasi metta juga dikenal sebagai meditasi cinta kasih (loving kindness meditation). Meditasi ini dilakukan dengan cara duduk seperti melakukan meditasi pada umumnya. Hal yang membedakan meditasi metta dengan meditasi lainnya adalah kamu melakukannya sambil menyebutkan kalimat-kalimat yang positif.

Inilah Manfaat Meditasi Metta dan Cara Melakukannya - Alodokter

Berbagai Manfaat Meditasi Metta

Meditasi metta diketahui mampu memberikan ketenangan hati dan keseimbangan jiwa, sehingga emosimu jadi lebih stabil dan kesehatan tubuhmu juga lebih baik. Berikut adalah berbagai manfaat meditasi metta yang bisa kamu peroleh:

1. Mencintai diri sendiri

Tanpa kamu sangka, meditasi metta nyatanya bisa menjadi upaya untuk mencintai diri sendiri. Teknik relaksasi yang dibarengi dengan mengucapkan kata-kata positif ini mampu membantu menghilangkan semua energi negatif, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks serta tercipta kesadaran untuk menyayangi diri sendiri.

Selain itu, meditasi metta juga dapat meningkatkan emosi positif yang membuat seseorang berhenti dari meragukan dan mengkritik diri. Hal ini dibuktikan oleh penelitian kecil yang menyatakan bahwa orang yang menerapkan meditasi ini cenderung tidak terlalu kritis terhadap diri sendiri dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

2. Meningkatkan hubungan sosial

Meditasi metta juga membuat diri lebih berempati pada orang lain. Hal ini akan membuat hubungan sosialmu menjadi lebih baik dan berkualitas. Telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa emosi yang positif akan berdampak pada hubungan sosial yang positif pula.

3. Memperlambat proses penuaan

Penuaan memang merupakan proses alami yang akan terjadi pada tubuh. Namun, tahukah kamu? Meditasi metta diduga dapat memperlambat proses penuaan, lho. Dengan meditasi ini, sel-sel beserta organ tubuh bisa tetap terus muda dan berfungsi dengan baik, meski usia sudah tak lagi belia.

4. Mengurangi gejala berbagai penyakit mental

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa meditasi metta dapat meningkatkan rasa cinta dan syukur, sehingga membantu mengurangi stres dan gejala gangguan kecemasan. Rutin melakukan teknik relaksasi ini juga mampu membantu mengurangi depresi dan gejala PTSD.

Selain itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa emosi positif yang dibangun dari meditasi metta dapat memperbaiki beberapa gejala skizofrenia, misalnya gejala tidak ingin mandi, tidak ingin bicara, atau tidak menunjukkan emosi.

5. Mengurangi gejala penyakit tertentu

Tidak hanya penyakit mental, menerapkan meditasi metta juga mampu mengurangi keluhan fisik. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa ketenangan batin yang didapat dari meditasi metta dapat mengurangi gejala migrain pada penderita migrain kronis serta nyeri punggung bawah.

Cara Menerapkan Meditasi Metta

Untuk menerapkan meditasi metta, kamu tidak perlu menggunakan alat apa pun. Kamu juga bisa melakukannya di mana saja, asalkan suasananya cukup tenang agar kamu dapat lebih berkonsentrasi.

Berikut adalah cara menerapkan meditasi metta yang bisa kamu lakukan:

  • Duduklah dengan nyaman dan tutup matamu, kemudian hirup dan hembuskan napas dengan teratur.
  • Ucapkanlah kata-kata atau frasa berupa harapan untuk dirimu, misalnya “Semoga aku selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.”, “Semoga aku kuat dan bisa selalu percaya diri.”
  • Ucapkan juga harapan yang mungkin kamu miliki untuk orang lain. Sebut saja namanya, kemudian katakan angan-anganmu.
  • Ulangi kata-kata atau frasa tersebut beberapa kali sampai jiwamu terasa tenang. Hindari menilai diri sendiri atau menggunakan kalimat negatif.
  • Sembari mengucapkan harapanmu, kamu bisa membayangkan hal yang indah, misalnya pancaran cahaya atau seseorang yang ada diharapanmu sedang tersenyum.

Itulah manfaat serta cara melakukan meditasi metta. Penting untuk diingat bahwa manfaat meditasi metta yang telah disebutkan di atas tidak bisa terjadi dengan instan. Diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam menerapkan metode ini guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kamu ingin melakukan meditasi metta sebagai upaya pengobatan untuk mengatasi penyakit tertentu atau kondisi kejiwaan yang tak menentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau psikolog juga, ya. Beberapa kondisi tertentu mungkin membutuhkan pengobatan sebagai terapi utama di samping meditasi.