Ada beberapa tips LDR yang bisa kamu terapkan agar hubungan jarak jauh yang kamu jalani bersama pasangan tidak gagal. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak dalam artikel ini!

Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti kamu dan pasangan harus menyerah dengan keadaan. Pasalnya, hubungan LDR juga bisa menjadi langgeng dan bahagia jika kamu dan pasangan tahu cara mensiasatinya.

Jangan Menyerah, Ini Tips LDR Langgeng dan Bahagia - Alodokter

Masih belum yakin? Ada studi yang mengemukakan bahwa komitmen, komunikasi, dan keintiman dalam sebuah hubungan jarak jauh justru dapat menjadi lebih positif.

Mengambil Sisi Positif LDR

Tak bisa dipungkiri bahwa terpisah jarak dan waktu dapat membuat pasangan LDR merasa kesepian akibat kurangnya interaksi fisik dan emosi secara langsung. Namun, jangan salah. Meski memiliki interaksi yang terbatas, hubungan LDR juga membawa dampak yang positif bagi sebuah hubungan. Alasannya adalah berikut ini:

Menghargai setiap waktu yang dilalui bersama

Tidak seperti pasangan umumnya, pasangan LDR dipaksakan untuk jarang bertemu sehingga lebih menghargai setiap pertemuan.

Memiliki ruang untuk mengembangkan diri

Karena tidak melulu bersama, pasangan LDR cenderung memiliki ruang untuk mengembangkan kemampuan diri. Mereka dapat lebih fokus dalam mengejar karir, pendidikan, atau hobi yang disukai. Mereka juga terbiasa mengerjakan segalanya sendiri sehingga tidak terlalu bergantung kepada pasangan.

Memiliki hubungan yang lebih kuat

Pengorbanan yang dilakukan pejuang LDR tentu lebih besar sehingga dapat membuat hubungan yang dijalani menjadi lebih kuat. Berbagai rintangan yang dilalui selama menjani hubungan jarak jauh membuat mereka lebih yakin bahwa hubungan ini bisa sampai ke tahap yang lebih serius.

Manfaat tersebut tentu bisa dicapai jika pasangan LDR memiliki komitmen yang kuat, jujur, dan saling menghargai satu sama lain.

Tips Menjalin dan Mempertahankan Hubungan LDR

LDR memang bukan sesuatu yang mudah. Sebelum memulai hubungan jarak jauh, sebaiknya kenali pasangan atau calon pasanganmu lebih dalam sebelum berkomitmen serius. Juga penting untuk mengenal bagaimana ia menangani masalah serta bagaimana ia berinteraksi dengan keluarga dan teman-temannya.

Jika kamu sudah yakin untuk menjalani hubungan ini, berikut tips LDR yang bisa kamu terapkan agar hubungan LDR dengan pasangan tetap harmonis:

1. Berusaha berpikir positif

Berpikir positif tentang LDR dapat sangat membantu. Abaikan atau hindari pikiran-pikiran negatif tentang LDR sebagai hubungan yang kurang sempurna.

2. Menetapkan tujuan yang sama

Lihat satu sama lain sebagai tim dengan tujuan yang sama, serta rencana yang dijalankan bersama. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaanmu dan pasangan akan masa depan hubungan yang dijalani.

3. Saling percaya

Ingat, kepercayaan menjadi hal yang penting dalam menjalin hubungan LDR. Jika kepercayaan tidak ada dan saling curiga satu sama lain, hubungan LDR akan sulit untuk dipertahankan.

4. Saling berbagi cerita keseharian

Komunikasi yang baik menjadi kunci dari kesuksesan sebuah hubungan yang sehat. Jadi, mau dipisahkan sejauh apa pun, pasangan LDR harus menjaga komunikasinya dengan baik melalui cerita-cerita kehidupan yang dijalaninya di lain tempat.

Studi menunjukkan bahwa pasangan LDR cenderung dapat menceritakan lebih banyak detail tentang diri mereka, dibanding yang tidak menjalani LDR.

Jadi, jangan sungkan untuk menceritakan secara detail apa kegiatan yang kamu lakukan selama seharian kepada pasangan, seperti kafe yang baru kamu kunjungi, atasan yang menyebalkan, atau buku yang sedang kamu baca.

5. Tetap bertatap muka lewat teknologi yang ada

Meski sudah bertukar pesan singkat setiap hari, tetap penting mendengar suara dan melihat orang yang kamu sayangi. Untuk itu, manfaatkan perkembangan teknologi, seperti video call hanya untuk bertatap muka secara “langsung” meski berada di tempat yang berbeda.

Cara ini tidak hanya dapat melepas kerinduan, tapi juga dapat mengaktifkan hormon oksitosin, yaitu hormon kasih sayang, sehingga kamu akan merasa nyaman.

6. Saling mengirim hadiah

Berjauhan bukan merupakan halangan untuk memberikan kejutan pada pasangan, lho. Di era teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa mengirim paket berisi benda yang ia sukai kapan pun.

Kamu bahkan bisa memesan hadiah secara online dari sekitar tempat tinggalnya. Kamu bisa mengirimkannya makanan, bunga, atau hal-hal yang disukainnya agar ia dapat merasa bahagia dan diperhatikan.

7. Jadwalkan kunjungan bertemu

Meski dipisahkan jarak, kamu tetap harus menjadwalkan kunjungan untuk bertemu dengan pasangan. Jadi, jika ada waktu untuk bertemu, manfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi pasangan sesegara mungkin.

Hal yang tak kalah penting, sadari dan terima sejak awal akan kebutuhan biaya transportasi dan komunikasi yang tidak kecil. Hadapi juga kenyataan bahwa kamu atau pasangan perlu menempuh jarak berjam-jam untuk bertemu. Ini penting agar kamu tidak merasa “berkorban” untuk membina hubungan.

Jangan lupa untuk terus aktif dan menyibukkan diri saat jauh dari pasangan dengan kegiatan positif yang membawa manfaat agar perhatianmu dapat teralihkan. Dengan menerapkan hal tersebut, hubungan LDR dapat tetap langgeng dan membahagiakan sebagaimana hubungan jarak dekat.