Jauh di mata dekat di hati, mungkin itulah yang terjadi saat dua orang menjalani hubungan jarak jauh. Kendati begitu, tak bisa dipungkiri bahwa terkadang jarak yang memisahkan juga jadi alasan renggangnya hubungan. Lantas, bagaimana cara menjaga hubungan jenis ini agar bisa tetap langgeng?

Bagi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship, tentunya ada beragam tantangan yang mungkin akan dihadapi. Mulai dari jarang bertemu, komunikasi yang kurang lancar, serta timbulnya rasa cemburu dan tidak percaya terhadap pasangan.

Gara-Gara Hubungan Jarak Jauh Jadi Putus? Alasan Basi! - Alodokter

Meski demikian, bukan berarti pasangan yang menjalani LDR tidak bisa bahagia, ya. Sebagian pasangan LDR tetap bisa kok memiliki hubungan yang romantis bahkan mempunyai ikatan yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang memiliki hubungan jarak dekat.

Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Sebenarnya, tidak hanya hubungan jarak jauh, hubungan jarak dekat pun tak lepas dari masalah dan konflik. Namun, saat menjalani LDR, jarak yang memisahkan bisa membuatmu merasa kesepian dan tidak diperhatikan, apalagi ketika pasangan sibuk dengan kegiatannya dan sedang tidak bisa menghubungimu.

Walau begitu, jangan sampai hubungan kalian kandas, ya. Supaya kalian berdua bisa berhasil menjalani hubungan jarak jauh ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Ingat pada komitmen

Tidak ada hubungan yang berjalan mulus, begitu pula hubunganmu dengan pasangan. Bila kamu mengalami beberapa kendala saat LDR, ingatlah baik–baik dengan komitmen yang kalian ambil saat memutuskan untuk menjalani hubungan ini.

Jangan mudah menyerah dan usahakan untuk tidak terlalu membesar-besarkan setiap masalah yang timbul. Ambil saja sisi positifnya, jadikan kesempatan ini untuk membuktikan kesungguhanmu pada pasangan dan jagalah komitmen untuk mempertahankan hubungan kalian.

2. Jangan saling menyalahkan

Tidak ada seorang pun yang ingin hidup terpisah jauh dengan orang yang dicintainya. Menyalahkan salah satu pihak atas terjadinya hubungan jarak jauh tidak akan mempermudah keadaan, justru bisa memperkeruhnya.

Terus-menerus menyalahkan pasangan dengan kondisi saat ini bisa membuatmu dan pasangan stres. Tak menutup kemungkinan hubungan kalian berdua pun bisa menjadi toxic relationship, lho.

Oleh karena itu, hindari untuk saling menyalahkan. Ingatlah mengapa kalian LDR dan kondisi ini hanya untuk sementara. Jika LDR dilakukan untuk kebaikan bersama, misalnya karena pasangan harus mencari nafkah atau menjalani pendidikan, pikirkanlah hal ini demi masa depan kamu dan ia nantinya.

3. Manfaatkan kemajuan teknologi

Sulit bertemu memang menjadi tantangan terbesar bagi pasangan LDR. Namun, saat ini teknologi sudah semakin canggih. Jadi, walau jarak memisahkan, kalian tetap bisa berkomunikasi dan mendekatkan diri melalui pesan singkat, panggilan telepon, bahkan panggilan video (video call).

Lakukan komunikasi tersebut secara rutin agar ikatan di antara kalian berdua tetap terjaga dan semakin kuat.

4. Jangan percaya “katanya”

Salah satu hal yang sering mengganggu suatu hubungan, baik jarak dekat maupun jarak jauh, adalah kecenderungan untuk percaya pada kabar burung. Selain itu, aktivitas di media sosial juga sering menjadi penyebab rusaknya rasa percaya yang sudah terbangun selama ini.

Oleh sebab itu, upayakan untuk bersikap saling terbuka, termasuk untuk memberi tahukan pasangan apa pun kabar yang beredar. Sadarilah bahwa hubungan yang sehat selalu dilandasi oleh kejujuran, kepercayaan, dan keterbukaan.

5. Sibukkan diri

Supaya kamu tidak memikirkan pasanganmu terus-menerus, penting bagimu untuk memiliki ketertarikan atau hobi yang dilakukan secara rutin. Manfaatkanlah momen ini untuk menikmati hal-hal yang kamu sukai tanpa ada kekangan dari pasangan.

Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk bersenda gurau bersama sahabat dan keluarga. Walau terlihat sepele, hal ini justru bisa mengalihkan pikiranmu ketika sedang tidak bersama pasangan.

6. Saling kunjungi dan coba hal baru bersama

Secanggih apa pun, teknologi memang tidak bisa menggantikan kedekatan secara fisik. Kurangnya kedekatan fisik untuk waktu yang lama dapat membuat LDR menjadi lebih sulit dijalani secara emosional.

Maka dari itu, tetap usahakan untuk rutin bertemu dan lakukan secara bergantian, agar salah satu pihak tidak merasa terbebani. Hal ini sangat penting dalam menjaga hubungan dan memperkuat ikatan.

Ketika mengunjungi tempat tinggal pasangan, usahakan untuk mencoba hal-hal baru bersama, seperti makan di tempat baru, olahraga bersama, atau nonton di bioskop. Traveling ke kota lain juga bisa menjadi ide yang baik untuk menyegarkan suasana dan memperkuat hubungan kalian.

7. Tetap jalin kedekatan seksual

Jika kalian sudah menikah dan terpaksa menjalani hubungan jarak jauh, usahakanlah untuk tetap menjalin kedekatan seksual dengan pasangan, meskipun tanpa melakukan hubungan intim.

Hal ini bisa dilakukan melalui saling berkirim pesan teks sensual dan bisa juga dilakukan saat sedang berbicara lewat telepon atau video call. Tidak perlu malu, cara ini dipercaya bisa meningkatkan gairahmu dan pasangan, sehingga kalian tidak sabar ingin segera bertemu untuk melepas rindu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perasaan senang, cinta, dan cemburu yang dirasakan pasangan dalam hubungan LDR cenderung lebih besar. Hal ini berpotensi menyebabkan munculnya luapan emosi yang berlebihan dan memicu pertengkaran yang sebenarnya tidak penting.

Namun, penelitian lain menemukan, pasangan LDR cenderung lebih kreatif dalam upaya memperkuat ikatan hati dan merawat hubungan agar tetap romantis.

Menjalani hubungan jarak jauh memang bukan perkara mudah. Bila kamu dan pasangan menjalani hubungan jenis ini dan selama menjalaninya kamu merasakan rasa cemas dan khawatir berlebih tanpa alasan yang jelas, kamu bisa berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan solusi yang tepat.