Tak seperti buahnya, manfaat biji nangka mungkin masih belum banyak dikenal. Padahal, biji nangka mengandung beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat biji nangka, simak artikel berikut ini.

Saat makan buah nangka, kebanyakan orang akan membuang bijinya karena dianggap tidak bermanfaat. Namun, tahukah Anda? Biji nangka juga bisa dikonsumsi seperti buahnya, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Jangan Sepelekan 4 Manfaat Biji Nangka bagi Kesehatan Ini - Alodokter

Kandungan Nutrisi Biji Nangka

Dalam 1 buah nangka berukuran besar terdapat sekitar 100–500 biji nangka. Dalam 1 porsi atau setara dengan 28 gram biji nangka, terkandung sekitar 53 kalori dan beragam nutrisi penting, seperti:

  • 11 gram karbohidrat
  • 2 gram protein
  • 5 gram serat
  • 8% dari kebutuhan harian riboflavin (vitamin B2)
  • 7% dari kebutuhan harian tiamin (vitamin B1)
  • 5% dari kebutuhan harian magnesium
  • 4% dari kebutuhan harian fosfor

Selain nutrisi di atas, biji nangka juga mengandung cukup banyak zat pati resisten yang dapat berperan sebagai prebiotik, serta senyawa bioaktif yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Bahkan, antioksidan pada biji nangka diketahui lebih banyak daripada daging buahnya.

Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

Mengingat kandungan nutrisinya yang cukup banyak, biji nangka menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat biji nangka yang penting untuk diketahui:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernan

Biji nangka telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti meredakan sembelit, serta mengurangi gejala wasir dan penyakit radang usus.

Hal ini berkat kandungan serat larut dan tidak larut serta prebiotik di dalamnya juga berperan penting untuk menjaga kesehatan usus, meningkatkan jumlah bakteri baik (probiotik) usus, merangsang pergerakan usus, dan membuat tinja lebih lunak sehingga mendukung buang air besar yang lancar dan teratur.

Beberapa riset juga menyebutkan bahwa biji nangka berpotensi untuk mencegah penularan penyakit melalui makanan. Sayangnya, manfaat biji nangka ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, zat pati resisten pada biji nangka juga baik untuk mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Zat pati resisten termasuk karbohidrat yang sulit atau tidak bisa tercerna oleh usus. Jadi zat ini bisa mengisi perut dan membuat kenyang tanpa menaikkan gula darah.

Sifat zat pati tidak hanya bermanfaat untuk penderita diabetes. Pada orang yang tidak memiliki diabetes pun zat pati resisten dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 dengan mencegah peningkatan gula darah yang drastis setelah makan.

3. Melawan penyakit kanker

Beberapa riset terbaru menunjukkan bahwa ekstrak biji nangka dapat menangkal kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang dapat mendukung pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker paru-paru.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai potensi biji nangka sebagai pengobatan kanker.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat biji nangka dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa diperoleh dari kandungan serat, magnesium, dan antioksidannya yang tinggi.

Serat dan antioksidan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sementara itu, magnesium berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Karena manfaat inilah, biji nangka baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Cara Mendapatkan Manfaat Biji Nangka

Untuk mendapatkan manfaat biji nangka dengan optimal, Anda perlu memasaknya terlebih dahulu. Selain rasanya tidak enak, biji nangka yang mentah diketahui dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu.

Anda bisa memasak biji nangka dengan cara merebusnya selama 20–30 menit atau hingga empuk. Selain itu, Anda juga bisa memanggang biji nangka dengan oven selama 20 menit atau hingga biji terlihat kecokelatan.

Biji nangka yang telah dimasak bisa Anda hidangkan dengan berbagai cara berikut:

  • Menambahkan biji nangka ke dalam salad atau smoothie
  • Menggiling biji nangka menjadi tepung sehat
  • Membuat hummus dari lumatan biji nangka, bawang putih, dan minyak zaitun
  • Mengonsumsi biji nangka langsung sebagai camilan sehat

Meski manfaat biji nangka bagi kesehatan tubuh ada banyak, efektivitas dan tingkat keamanannya sebagai pengobatan masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, sejauh ini, konsumsi biji nangka hanya disarankan sebagai camilan atau pendamping makanan utama.

Bila Anda mengonsumsi obat tertentu, misalnya aspirin, obat pengencer darah, antiplatelet, dan obat antiinflamasi nonsteroid, sebaiknya hindari mengonsumsi biji nangka. Biji nangka diketahui dapat meningkatkan risiko pendarahan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan ini.

Selain itu, bila ingin memanfaatkan biji nangka sebagai salah satu terapi tambahan untuk kondisi yang Anda miliki, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Dokter akan membantu Anda dengan mempertimbangkan keamanan konsumsi biji nangka dalam terapi Anda.