Saat diet, banyak orang menghindari camilan. Padahal, camilan sehat di sela waktu makan justru dapat membuat tubuh merasa tetap kenyang, lebih berenergi, dan menekan nafsu makan sehingga tidak makan berlebihan. Agar tubuh tetap langsing, ada beberapa camilan sehat yang bisa menjadi pilihan.

Camilan umumnya dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, dan es krim. Camilan seperti itu kurang sehat karena tinggi kalori dan banyak mengandung lemak dan gula, tetapi tidak banyak mengandung nutrisi lainnya, seperti protein, vitamin, dan mineral.

7 Pilihan Camilan Sehat agar Tubuh Tetap Langsing - Alodokter

Bila sedang menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi camilan sehat dengan kandungan nutrisi yang baik dan rendah kalori. Mengonsumsi camilan sehat  akan membuat Anda lebih mudah mengontrol porsi dan nafsu makan, sehingga berat badan tidak naik atau justru bisa turun.

Pilihan Camilan Sehat Yang Bisa Anda Coba

Camilan sehat idealnya mengandung beragam nutrisi, seperti protein dan serat. Protein berperan penting dalam membentuk jaringan tubuh, seperti otot dan kulit, mendorong metabolisme, dan meningkatkan pembakaran kalori. Sementara itu, serat dapat melancarkan pencernaan dan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Jika Anda ingin camilan yang sehat dan bisa membantu diet Anda, sebaiknya pilih camilan yang tidak mengandung lebih dari 200 kalori, tetapi mengandung sekitar 10 gram protein dan 5 gram serat. Pilih juga camilan yang mengandung karbohidrat kompleks dan aneka vitamin serta mineral.

Apa saja jenis camilan sehat yang baik dikonsumsi saat diet? Berikut adalah pilihannya:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, pistachio, mete, almond, dan kenari, adalah camilan sehat yang ideal.

Meski relatif tinggi kandungan lemak, bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, kacang-kacangan justru bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak sehat, yang juga diimbangi dengan kandungan protein dan serat.

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kacang-kacangan juga membantu menurunkan risiko Anda menderita penyakit jantung, kanker, dan depresi. Jumlah konsumsi kacang-kacangan yang ideal adalah sekitar 28 gram per porsinya.

2. Pir dan keju ricotta

Ini juga merupakan kombinasi camilan sehat yang bisa Anda coba, karena buah pir adalah sumber serat yang baik dan keju ricotta mengandung protein yang tinggi. Dengan mengonsumsi pir dan keju ricotta, ini bisa menjaga rasa kenyang agar bertahan lebih lama, sehingga Anda terhindar dari risiko makan berlebihan.

Selain itu, keju ricotta juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Konsumsi 1 buah pir dengan 100 gram keju ricotta per porsinya bisa mengenyangkan sekaligus menjaga berat badan yang ideal.

3. Apel dan selai kacang

Apel kaya akan kandungan serat dan antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C. Sementara itu, selai kacang tinggi akan kandungan protein yang dapat membuat tubuh lebih berenergi dan kenyang lebih lama. Selai kacang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Anda bisa mengonsumsi 1 buah apel berukuran sedang dengan 15 gram atau sekitar 1 sendok makan selai kacang sebagai opsi camilan sehat Anda.

4. Telur rebus dan asparagus

Kombinasi antara telur rebus dan asparagus merupakan camilan sehat yang sangat baik untuk menjaga berat badan ideal. Telur rebus mengandung protein, vitamin K2, dan vitamin B12 yang tinggi. Sementara itu, kandungan serat dari asparagus akan menyeimbangkan protein alami dari telur.

Mengonsumsi 2 jenis makanan ini bisa membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama, sehingga dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Untuk menyantapnya, Anda bisa mengombinasikan 1 butir telur rebus dengan 15 tangkai asparagus per porsinya.

Jika sulit menemukan asparagus, Anda juga bisa menggantinya dengan sayuran lain, seperti brokoli, bayam, kacang panjang, wortel, atau seledri.

5. Kacang edamame

Kacang edamame juga merupakan salah satu pilihan camilan sehat yang baik. Edamame banyak mengandung antioksidan, protein, dan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar gula dalam darah.

Dengan mengonsumsi sekitar 150 gram kacang edamame rebus, Anda sudah memenuhi sekitar 35% kebutuhan serat dan protein harian.

6. Beri dan yogurt

Buah beri, seperti strawberry dan blueberry, yang dikonsumsi bersama yogurt merupakan camilan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Buah beri juga banyak mengandung kalium, protein, dan kalsium.

Agar lebih sehat, Anda bisa mengonsumsi sekitar 50 gram buah beri dan 100 gram yogurt atau setara 7 sendok makan. Jika sulit menemukan buah beri, Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang juga tidak kalah sehat, seperti mangga, pisang, nanas, atau jambu.

7. Teh hijau

Camilan tidak harus selalu berbentuk makanan. Sebagai pengganti berbagai minuman yang tinggi gula, Anda dapat memilih teh hijau, terutama jika Anda tidak terlalu merasa lapar.

Teh hijau dianggap mampu membantu orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan berkat kandungan antioksidannya yang mendorong metabolisme tubuh.

Namun, pastikan teh hijau yang Anda konsumsi adalah teh hijau seduh asli, bukan teh hijau dalam kemasan botol atau kaleng yang sudah ditambahkan pemanis buatan atau gula maupun teh hijau yang terdapat pada es krim atau kue.

Selain camilan sehat di atas, Anda dapat membuat camilan sehat lainnya yang sesuai dengan selera Anda. Dengan asupan nutrisi dan porsi makan yang tepat, ditambah olahraga teratur dan gaya hidup yang sehat, Anda bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

Bila Anda ingin tahu jenis camilan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat diet atau bila Anda masih juga sulit menurunkan berat badan meski sudah makan makanan dan cemilan yang sehat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.