Ada beragam manfaat bayam untuk ibu hamil, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat. Hal ini karena bayam mengandung nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, protein, serat, asam folat, zat besi, dan kalsium.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi aneka jenis sayuran, termasuk bayam. Pasalnya saat hamil. Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi dan bayam adalah salah satu sayuran dengan ragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan.

Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil - Alodokter

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja manfaat bayam bagi ibu hamil:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam bayam dapat meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Ibu hamil yang daya tubuhnya terjaga dengan baik akan tidak mudah terserang penyakit dan lebih sehat secara menyeluruh.

2. Mencegah atau mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam bayam dapat mencegah atau mengatasi sembelit pada ibu hamil. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena bagus untuk pencernaan. Pencernaan yang sehat dapat menjadi cerminan imunitas tubuh yang kuat.

3. Mencegah anemia

Manfaat bayam untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu mencegah anemia karena kekurangan zat besi. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam bayam terkandung zat besi yang cukup tinggi.

4. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

Kebanyakan sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, kaya akan kalsium. Kandungan kalsium dalam bayam bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang, gigi, jantung, saraf, dan juga otot janin.

Karena peranannya begitu penting, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan kalsium tercukupi dengan baik selama kehamilan. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, kebutuhan kalsium untuk janin akan diambil dari tulang Anda. Ini akan meningkatkan risiko Anda mengalami osteoporosis di kemudian hari.

5. Menjaga kesehatan mata janin

Kebutuhan vitamin A saat hamil mengalami peningkatan sebesar 10–20%. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda harus mengonsumsi makanan, seperti buah dan sayuran yang tinggi vitamin A. Bayam adalah salah satunya.

Vitamin A berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan mata Anda dan juga janin. Tidak hanya itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk perkembangan organ lain, seperti perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh janin.

6. Mengurangi risiko cacat lahir

Bayam merupakan sumber asam folat atau vitamin B9. Vitamin ini telah dikenal sangat penting untuk mendukung perkembangan janin. Penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan folat yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat lahir, khususnya spina bifida dan anensefali.

Meski bayam memiliki banyak manfaat, Anda tetap tidak boleh lupa untuk mengonsumsi sayur dan makanan bergizi lainnya selama kehamilan, karena bayam saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan rutin berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.