Daun pandan terkenal karena aromanya yang sangat khas. Di balik itu, ada banyak manfaat daun pandan bagi kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga mencegah penyakit kanker.

Di Indonesia, daun pandan kerap dimanfaat menjadi pewarna dan pewangi alami dalam berbagai masakan. Sekarang ini, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused water dan bisa ditemukan dalam kemasan berupa bubuk atau minyak esensial.

Jangan Sia-Siakan 7 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan Ini - Alodokter

 

Manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh bisa didapat dari sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, misalnya vitamin C, vitamin A, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), dan karotenoid.

Beragam Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

Ada beragam manfaat daun pandan yang bisa Anda peroleh. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Meredakan nyeri sendi

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya dalam meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan mengandung banyak senyawa bioaktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

2. Mencegah penyakit jantung

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko menderita penyakit jantung koroner.

3. Mengobati luka bakar ringan

Kandungan asam tanat pada daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, misalnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Untuk memanfaatkan daun pandan sebagai obat luka bakar, Anda bisa mengeringkan dan menghaluskan daun pandan hingga menjadi bubuk, kemudian menaburkannya pada kulit.

4. Menjaga fungsi penglihatan

Vitamin A dan kandungan beta-karoten pada daun pandan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan beta-karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

6. Mengontrol kadar gula darah

Daun pandan bisa membantu mengontrol kadar gula darah, terutama setelah Anda makan. Ekstrak daun ini diketahui dapat menghambat penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terjaga dan risiko terkena diabetes menurun.

7. Mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi daun pandan juga berpotensi mencegah penyakit kanker. Hal ini karena daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang memiliki sifat antioksidan.

Artinya, daun pandan bisa melawan radikal bebas berlebih yang dapat merusak sel-sel tubuh. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas inilah yang berisiko memicu berkembangnya sel-sel kanker.

Daun pandan memang aman untuk penggunaan dan konsumsi sehari-hari, namun efektivitasnya sebagai obat masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya metode pengobatan.

Jika Anda ingin memanfaatkan daun pandan untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dokter nantinya akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.