Meski terdengar asing, ada beragam manfaat timun laut bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Timun laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan teripang banyak ditemukan di perairan Indonesia dan juga dibudidayakan di kolam buatan untuk diperjualbelikan.

Timun laut bukanlah tanaman, melainkan hewan laut yang memiliki tekstur licin dan lunak. Timun laut bisa Anda santap segar atau bisa juga dikeringkan terlebih dahulu untuk ditambahkan ke dalam hidangan lain, seperti sup, semur, dan berbagai tumis-tumisan.

Jarang Terdengar, Ini Segudang Manfaat Timun Laut bagi Kesehatan - Alodokter

Meski hewan ini memiliki rasa yang sedikit hambar, manfaat timun laut tidak bisa disepelekan. Itu sebabnya timun laut juga tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan.

Kandungan Nutrisi Timun Laut

Mirip dengan hewan laut lainnya, timun laut juga mengandung nutrisi yang melimpah dan baik bagi kesehatan, seperti:

  • Protein
  • Asam lemak yang memiliki aktivitas antioksidan, seperti asam palmitat, asam stearat, dan asam linoleat
  • Vitamin, seperti vitamin A, B2, B3
  • Mineral, seperti kalsium dan magnesium

Selain itu, timun laut juga rendah kalori dan mengandung berbagai senyawa lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti fenol, flavonoid, kondroitin sulfat, squalene, dan triterpenoid.

Berikut adalah manfaat timun laut yang bisa Anda peroleh dari kandungan nutrisinya:

1. Menjaga berat badan normal

Mengonsumsi makanan kaya protein, seperti timun laut, bisa membantu Anda menjaga berat badan normal. Pasalnya, makanan kaya protein mampu memperlambat pengosongan lambung, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari risiko makan berlebihan. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami obesitas juga akan lebih rendah.

2. Menjaga kadar gula darah normal

Berkat kandungan protein dan lemak sehatnya, timun laut juga bermanfaat untuk menjaga gula darah tetap stabil dan dalam kadar yang normal. Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein mampu memperlambat proses pencernaan sehingga bisa mencegah lonjakan gula darah yang drastis saat makan

Selain itu, asam lemak pada timun laut juga diketahui mampu meningkatkan efektivitas pengaturan gula darah. Dengan kedua manfaat tersebut, Anda akan terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Kandungan protein yang tinggi pada timun laut juga mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan kaya protein juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Dengan tekanan darah dan kadar kolesterol yang normal, Anda akan terhindar dari risiko mengalami berbagai penyakit kronis yang berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis.

4. Meredakan gejala osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit yang dapat mengganggu kenyamanan dan menghalangi seseorang menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal. Mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa kondroitin sulfat, seperti timun laut, dipercaya dapat membawa manfaat bagi penderita osteoarthritis.

Senyawa ini merupakan komponen tulang dan tulang rawan pada sendi yang sering kali rusak pada penderita osteoarthritis. Dengan mengonsumsi kondroitin sulfat, kerusakan sendi diduga dapat membaik dan perkembangan penyakit akan melambat.

5. Melawan sel kanker

Kandungan triterpenoid yang ada pada timun laut diketahui dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker hati.

Efek antioksidan dan antiradang yang dimiliki senyawa flavonoid pada timun laut juga dinilai dapat menghentikan perkembangan sel kanker dan menurunkan risiko Anda mengalami penyakit kanker.

Meski manfaat timun laut di atas cukup menjanjikan, perlu diingat bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya sebagai obat, terutama untuk penyakit yang berat seperti kanker. Meski begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan timun laut untuk menjaga kesehatan.

Potensi Efek Samping Timun Laut

Di samping manfaatnya, timun laut juga memiliki potensi untuk menyebabkan gangguan kesehatan, yakni alergi dan perdarahan. Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan laut, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi timun laut, karena kemungkinan besar Anda juga alergi terhadap hewan laut ini.

Beberapa spesies timun laut memiliki sifat antikolagulan, yakni kemampuan untuk mengencerkan darah. Jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah, Anda harus menghindari konsumsi timun laut, terutama yang dalam bentuk suplemen, guna menghindari risiko terjadinya perdarahan.

Manfaat timun laut bagi kesehatan memang sangat menarik. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat tertentu.