Untuk mendiagnosis, dokter akan menanyakan gejala yang dialami dan riwayat penyakit pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien memiliki kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Jika dari sesi tanya jawab pasien diduga menderita kanker hati, dokter akan menjalankan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis. Pemeriksaan tersebut antara lain:

  • Tes darah, untuk memeriksa fungsi hati, mengukur kadar alpha-fetoprotein, dan mengetahui kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan
  • Pemindaian dengan USG, CT scan, atau MRI, untuk mengetahui lokasi kanker pada hati dan penyebaran kanker ke organ lain
  • Biopsi hati, yaitu proses pengambilan sebagian kecil jaringan kanker untuk mengetahui jenis kanker hati secara spesifik
  • Laparoskopi, untuk memeriksa kondisi di dalam perut dengan menggunakan selang berkamera, jika pemeriksaan sebelumnya belum cukup untuk menentukan diagnosis

Stadium Kanker Hati

Berdasarkan hasil pemeriksaan di atas, dokter akan menentukan stadium kanker hati yang diderita pasien. Penentuan stadium ini juga akan menentukan jenis pengobatan yang tepat bagi pasien.

Berikut ini adalah stadium kanker hati:

Stadium A

Stadium A menandakan di hati pasien terdapat satu tumor dengan ukuran berapapun atau terdapat 2–3 tumor dengan ukuran kurang dari 3 cm. Fungsi hati masih terbilang normal atau hanya mengalami gangguan ringan-sedang dan pasien tidak merasa sakit.

Stadium B

Pada stadium B, terdapat beberapa tumor berukuran besar di hati. Meski begitu, fungsi hati belum terganggu atau terganggu dengan derajat ringan-sedang, dan kondisi pasien secara umum masih baik.

Stadium C

Pada stadium ini, kanker sudah menyebar ke pembuluh darah, kelenjar getah bening, atau organ tubuh lain. Kondisi fisik pasien pun mulai menurun. Fungsi hati bisa masih baik atau sudah terganggu dengan derajat ringan-sedang.

Stadium D

Stadium D menandakan bahwa kanker sudah menyebar ke organ lain, seperti tulang dan paru-paru. Pada tahap ini, organ hati sudah rusak parah dan kondisi pasien sudah memburuk.