Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati dan bisa menyebar ke organ lain. Kanker hati terjadi ketika sel-sel di organ hati bermutasi, kemudian membelah diri secara tidak terkendali dan membentuk tumor.

Hati memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya, seperti alkohol, membantu proses pencernaan makanan, dan mengontrol pembekuan darah.

kanker hati, gejala, penyebab, cara mengobati, cara mencegah, alodokter

Kanker hati adalah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Berdasarkan riset Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 2020, kanker hati bertanggung jawab atas lebih dari 800.000 kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Jenis Kanker Hati

Kanker hati terbagi menjadi kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya:

Kanker hati primer

Kanker hati primer adalah kanker yang memang bermula di hati. Ada beberapa jenis kanker hati primer, yaitu:

  • Hepatocellular carcinoma
    Hepatocellular carcinoma adalah kanker hati yang bermula di sel utama yang membangun jaringan hati (sel hepatosit). Hepatocellular carcinoma merupakan jenis kanker hati primer yang paling sering terjadi, yaitu 75% dari seluruh kasus kanker hati.
  • Liver angiosarcoma
    Liver angiosarcoma adalah kanker hati yang bermula di sel-sel pembuluh darah di dalam hati. Angiosarcoma cenderung berkembang dengan cepat dan sering kali baru terdeteksi pada stadium lanjut.
  • Cholangiocarcinoma
    Cholangiocarcinoma adalah kanker hati yang tumbuh di sel-sel saluran empedu. Cholangiocarcinoma bisa bermula di saluran empedu yang berada di dalam hati (intrahepatic) atau di saluran empedu yang berada di luar hati (extrahepatic).
  • Hepatoblastoma
    Hepatoblastoma adalah kanker hati yang bermula dari sel hati yang belum matang. Kanker ini sangat jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi pada anak-anak usia di bawah 3 tahun.

Kanker hati sekunder

Kanker hati sekunder adalah kanker yang tumbuh di organ lain, kemudian menyebar ke hati. Kanker dari organ lain yang paling sering menyebar ke hati adalah kanker lambung, kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Faktor Risiko dan Pencegahan

Kanker hati lebih sering menyerang seseorang yang menderita hepatitis B atau hepatitis C dalam jangka panjang (kronis). Selain itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga lebih berisiko terserang kanker hati.

Oleh sebab itu, risiko terserang kanker hati dapat dikurangi dengan melakukan pencegahan terhadap hepatitis B, misalnya dengan vaksinasi hepatitis B dan melakukan hubungan seks yang aman. Cara lainnya adalah dengan menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Gejala dan Komplikasi Kanker Hati

Gejala yang paling sering dialami oleh penderita kanker hati adalah hilang nafsu makan, mual, muntah, dan berat badan yang turun drastis. Penderita juga dapat mengalami keluhan penyakit kuning dan perut membengkak.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter agar keluhan bisa diperiksa. Deteksi dan penanganan dini akan mengurangi risiko terjadinya komplikasi berupa kerusakan dan kegagalan fungsi hati lebih lanjut.