Begitu tahu positif hamil, wajar bila kamu ingin segera mengabari semua kerabat mengenai kabar bahagia ini. Namun, kapan sih waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan? Ingin tahu jawabannya? Yuk, simak ulasan berikut.

Mengumumkan kehamilan kepada orang lain atau orang terdekat memang biasa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, terutama bagi yang pernah mengalami keguguran.

Kapan Waktu yang Tepat Mengumumkan Kehamilan? - Alodokter

Inilah Waktu yang Tepat Mengumukan Kehamilan

Sebenarnya tidak ada patokan kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan. Namun, sebagian wanita memilih untuk menyimpan kabar bahagia ini hingga kehamilan memasuki trimester pertama akhir.

Alasannya karena setelah masa ini, risiko untuk mengalami keguguran sudah jauh berkurang sehingga ada perasaan lebih tenang untuk mengumumkannya. Pasalnya, keguguran yang terjadi ketika kehamilan sudah diketahui khalayak ramai kerap membuat banyak wanita menanggung beban mental yang berat terkait apa yang dialaminya.

Selain mengumumkan pada akhir trimester pertama kehamilan, ada pula calon orang tua yang menganggap bahwa waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan adalah ketika tanda-tanda kehamilan sudah mulai tampak, seperti perut yang sudah terlihat membesar.

Namun, ada pula yang mengumumkannya saat sudah mengetahui jenis kelamin bayi, setelah pemeriksaan dokter yang pertama kali, atau setelah mendengar detak jantung Si Kecil ketika pemeriksaan USG dilakukan.

Dari ragamnya waktu pengumuman kehamilan ini bisa disimpulkan bahwa tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan. Pasalnya, setiap calon orang tua memiliki preferensi dan pengalaman kehamilan yang berbeda.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengumumkan Kehamilan

Memilih memberitahukan secepatnya atau menunda ternyata punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan bersama pasangan sebelum memutuskan untuk mengumumkan kehamilan:

1. Menunda berarti menyembunyikan gejala kehamilan

Sebagian ibu hamil merasakan mual, muntah, pusing, dan cepat lelah di trimester pertama. Jika kamu memilih untuk menyembunyikan kehamilanmu di masa ini, berarti kamu juga perlu menyembunyikan penyebab gejala-gejala kehamilan yang muncul.

2. Mendahulukan keluarga dan sahabat

Kamu bisa mengumumkan kabar bahagia ini kepada keluarga kecil dan sahabat lebih dulu sebelum khalayak lain tahu. Mereka bisa menjagamu jika ada yang tidak berjalan dengan semestinya.

Jika kamu merahasiakan kehamilan ini meski hanya di 3 bulan awal, kerabat dan teman baikmu mungkin akan merasa kecewa. Terutama, jika mereka tahu tentang kehamilanmu dari orang lain.

3. Memberi tahu atasan dan rekan kerja

Sebagian calon ibu memilih untuk memberi tahu atasan lebih dulu. Selain perlu menyesuaikan diri dengan gejala kehamilan, langkah ini perlu dilakukan jika pekerjaanmu membutuhkan stamina yang prima atau membuatmu berada dalam situasi yang berisiko.

Misalnya, kamu harus berdiri dalam waktu lama, harus mengangkat benda berat, atau rentan terpapar bahan kimia atau radiasi. Selain itu, tempatmu bekerja juga perlu bersiap mencari pengganti sementara jika kamu cuti hamil nanti.

4. Memberi tahu berarti lebih mudah mendapat bantuan orang lain

Jika orang lain tahu tentang kehamilanmu, tanpa diminta, mereka bisa memberikan bantuan yang kamu butuhkan. Misalnya, rekan kerja bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan ketika kamu perlu istirahat lebih sering dari biasanya.

Jika masih bingung kapan waktu yang tepat mengumumkan kehamilan, coba tanyakan hal ini kepada dirimu sendiri:

  • Apakah kehamilanmu berisiko keguguran, terutama di trimester pertama?
  • Apakah kamu merasa nyaman jika orang lain tahu kehamilanmu?
  • Apakah ada risiko tertentu jika kamu tidak segera mengumumkan kehamilan?
  • Apakah ada kelompok orang tertentu yang perlu kamu beri tahu lebih dulu, misalnya rekan kerja?

Itulah pertimbangan waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan. Kamu tentu jadi tahu apa saja kekurangan dan kelebihan mengumumkan kehamilan dari awal atau menundanya hingga waktu tertentu. Pada akhirnya, kamu dan pasanganmu yang paling tahu kapan waktu yang tepat untuk berbagi kabar bahagia ini.