Flu atau influenza dapat terjadi kapan pun, termasuk saat musim hujan. Jika Si Kecil mengalaminya, proses belajar dan bermainnya tentu dapat terganggu. Oleh karena itu, Bunda perlu mengajarkan kebiasaan sehat yang bisa mencegah Si Kecil dari flu saat musim hujan.

Flu umumnya akan menyerang anak ketika daya tahan tubuhnya sedang menurun. Ada beberapa gejala yang bisa timbul saat anak mengalami flu, yaitu pilek, hidung berair atau tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

Kebiasaan yang Bisa Mencegah Anak dari Flu Saat Musim Hujan - Alodokter

Kebiasaan untuk Mencegah Anak dari Flu di Musim Hujan

Apabila sistem kekebalan tubuh anak kuat, flu dapat pulih dengan sendirinya. Namun, Bunda dan Ayah tetap tidak boleh lengah, sebab flu bisa buat anak jadi tidak mau makan, rewel, dan akhirnya mengganggu proses belajarnya.

Nah, supaya Si Kecil terhindar dari flu terutama di musim hujan, Bunda perlu ajarkan beberapa kebiasaan sehat padanya, seperti:

1. Sering mencuci tangan

Virus influenza bisa masuk ke dalam tubuh ketika anak memegang permukaan yang terkontaminasi virus, lalu menyentuh mulut, hidung, atau matanya.

Jadi, untuk mencegah penyakit ini, Bunda perlu mengajarkan Si Kecil untuk cuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah berpergian. Bunda juga dapat menyiapkan hand sanitizer untuk berjaga-jaga apabila ia tidak menemukan air dan sabun.

2. Tidak berbagi makanan dan minuman dengan anak lain

Saling berbagi merupakan hal baik yang perlu ditanamkan kepada Si Kecil sedini mungkin. Namun, ajarkan ia untuk tidak berbagi barang pribadi yang biasa dipakai, seperti sendok, garpu, sedotan, tisu, atau handuk dengan teman-temannya.

Bunda bisa memberi contoh bagaimana cara berbagi yang baik tanpa harus menggunakan peralatan yang sama. Contohnya, memotong makanan yang ingin dibagi lalu taruh pada piring lain dan menuangkan ke gelas yang berbeda bila ingin memberikan temannya minum.

3. Pakai masker

Selain lewat benda yang terkontaminasi, virus penyebab flu bisa masuk ke tubuh ketika anak menghirup percikan air liur dari penderita flu saat batuk atau bersin. Nah, supaya tidak tertular, ingatkan Si Kecil untuk pakai masker ketika berada di keramaian.

4. Ajarkan etika bersin dan batuk

Ajari Si Kecil menutup mulut menggunakan tisu atau lipatan siku ketika bersin dan batuk. Saat Si Kecil berhasil menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, mungkin saja teman-temannya bisa ikut mempraktikkannya.

Jadi, secara tidak langsung, Si Kecil mengajarkan kebaikan kepada teman-temannya sekaligus mencegahnya dari penularan virus.

5. Terapkan pola hidup sehat

Supaya Si Kecil tidak mudah terserang flu di musim hujan, imunitas tubuhnya harus dijaga dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan Si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup, tidak kurang minum air putih, dan tidur yang cukup, ya.

Apabila Si Kecil menunjukkan gejala flu, jangan biarkan ia pergi ke sekolah atau main ke luar rumah. Bawalah ia ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.