Ada berbagai manfaat daun kelor untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui. Kandungan vitamin, mineral, dan beragam nutrisi lain di dalamnya dipercaya baik untuk kesehatan ibu hamil serta perkembangan janin dalam kandungan.

Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi beragam makanan sehat, termasuk sayuran, untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin. Salah satu jenis sayuran yang dapat ibu hamil konsumsi adalah daun kelor.

Kenali 5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil - Alodokter

Daun kelor (Moringa oleifera) mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Selain itu, daun kelor juga mengandung beragam antioksidan, seperti quercetin dan asam klorogenat.

Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ada beragam manfaat daun kelor yang bisa diperoleh Bumil, yaitu:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Ibu hamil rentan mengalami infeksi karena daya tahan tubuhnya cenderung melemah selama masa kehamilan. Untuk mencegah hal ini, Bumil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti yang terdapat dalam daun kelor.

Dengan demikian, Bumil akan terhindar dari infeksi serta efek radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit.

2. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat meningkatkan risiko janin mengalami kelainan bawaan, bayi lahir prematur, dan berat badan lahir rendah.

Nah, daun kelor mengandung zat besi dan vitamin A tinggi, sehingga diyakini mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia.

3. Mendukung perkembangan organ janin

Tak hanya meningkatkan produksi darah, kandungan zat besi dan vitamin A pada daun kelor juga penting untuk mendukung perkembangan organ janin, seperti mata, jantung, paru-paru, dan ginjal.

Kandungan vitamin B6 pada daun kelor juga diketahui berperan penting untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan fungsi otak dan sistem saraf janin.

4. Mengatasi morning sickness

Mengonsumsi daun kelor juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi morning sickness. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin B6 di dalamnya yang dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

5. Mengurangi risiko terjadinya preeklampsia

Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang berbahaya dan perlu segera ditangani. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan di kaki dan tangan, serta dapat memicu kejang pada ibu hamil. Bahkan, kondisi ini dapat membahayakan nyawa ibu maupun janin jika tidak segera ditangani.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan senyawa fenolik di dalam daun kelor berpotensi untuk mengurangi risiko terjadinya preeklampsia.

Meski memiliki beragam manfaat, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daun kelor secara berlebihan. Hal ini karena efektivitas dan keamanan daun kelor pada ibu hamil belum diketahui secara pasti dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Agar kehamilan tetap terjaga, tidak cukup hanya dengan mengonsumsi daun kelor saja. Bumil juga dianjurkan untuk selalu menjalani pola hidup sehat, yaitu perbanyak istirahat, cukupi kebutuhan cairan, serta konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral.

Jangan lupa untuk rutin melakukan kontrol kehamilan ke dokter untuk memastikan kondisi kehamilan tetap sehat. Bumil juga bisa bertanya lebih jauh tentang manfaat daun kelor untuk ibu hamil serta jumlah asupan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Bumil.