Ada 8 jenis vitamin B yang dikenal sebagai vitamin B kompleks. Di antara kedelapan jenis vitamin B tersebut, vitamin B6 memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Mari kenali lebih jauh mengenai vitamin B6 dan manfaatnya untuk ibu hamil.

Vitamin B6 merupakan salah satu jenis vitamin yang termasuk dalam jenis vitamin larut air. Vitamin B6 berfungsi untuk mengolah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak agar tubuh bisa memperoleh nutrisi dan energi.

Ketahui Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil - Alodokter

Vitamin B6 juga berperan penting dalam menunjang produksi sel darah merah dan memelihara kesehatan otak dan saraf. Pada ibu hamil, vitamin B6 bermanfaat dalam pembentukan organ tubuh dan tumbuh kembang janin, mencegah anemia saat hamil, hingga meningkatkan energi.

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah deretan manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil:

1. Meredakan mual

Salah satu manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil adalah meredakan mual akibat morning sickness. Mual dan muntah merupakan gejala kehamilan yang sangat umum dialami oleh ibu hamil.

Keluhan ini sering dirasakan saat trimester pertama, tetapi ibu hamil di tengah trimester kedua atau ketiga pun bisa mengalaminya.

2. Menunjang pertumbuhan otak dan saraf janin

Vitamin B6 tak hanya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, tetapi juga berperan besar dalam pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Dengan asupan vitamin B6 yang cukup, janin dapat tumbuh dan berkembang dengan normal, serta berisiko lebih rendah mengalami gangguan tumbuh kembang.

3. Mencegah preeklampsia

Kekurangan vitamin dan mineral, seperti kalsium, zinc, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B6 guna mencegah hal tersebut dan secara tidak langsung turut mencegah kelahiran prematur.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kaitan vitamin B6 dalam mencegah preeklampsia.

4. Mencegah janin lahir dengan berat badan rendah

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah kondisi bayi lahir dengan berat kurang dari 2500 gram. BBLR merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan dan kematian pada bayi baru lahir.

Malnutrisi atau kekurangan asupan nutrisi saat hamil, seperti protein, karbohidrat, atau vitamin, termasuk vitamin B6, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk selalu memenuhi asupan vitamin B6.

5. Menjaga kadar gula darah

Konsumsi vitamin B6 diketahui dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Salah satu manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil, terutama ibu hamil yang  menderita diabetes gestasional, adalah mengontrol dan mencegah peningkatan kadar gula darah.

Kebutuhan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Jumlah kebutuhan vitamin B6 untuk ibu hamil adalah sekitar 1,8–2 mg per hari. Namun, pada ibu hamil yang memiliki keluhan tertentu, misalnya sering mual atau berat badan kurang, asupan vitamin B6 mungkin perlu lebih tinggi.

Vitamin B6 bisa diperoleh secara alami pada beberapa makanan berikut:

  • Biji-bijian, misalnya biji bunga matahari, wijen, biji rami (flaxseed)
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang arab (chickpea), dan kacang mete
  • Ikan, daging, dan hati sapi
  • Buah-buahan, seperti pisang, labu, plum, semangka, dan alpukat
  • Sayuran, termasuk bayam, kentang, dan bawang

Selain dari makanan yang kaya vitamin B6 tersebut, asupan vitamin B6 untuk ibu hamil juga bisa diperoleh melalui suplemen. Suplemen vitamin B6 biasanya diresepkan dokter bila ibu hamil mengalami mual yang cukup parah atau jika sulit memenuhi asupan vitamin B6 dari makanan.

Jika ingin menggunakan suplemen vitamin B6 saat hamil, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menentukan dosisnya.

Hindari mengonsumsi suplemen vitamin B6 tanpa petunjuk dokter karena berisiko menyebabkan terjadinya kelebihan vitamin B6. Hal ini bisa membuat ibu hamil mengalami keluhan berupa kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki.

Kesehatan ibu hamil harus dijaga dengan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6. Namun, agar ibu hamil dapat memenuhi asupan vitamin B6 sesuai kebutuhan, konsultasikan ke dokter kandungan saat pemeriksaan kehamilan.