Memiliki rambut panjang, indah, dan berkilau tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, ada beberapa cara memanjangkan rambut yang dapat dengan mudah Anda lakukan, baik melalui perawatan rambut dari luar maupun dari dalam.

Rambut dapat tumbuh secara alami sekitar 1,5 cm setiap bulannya. Meski begitu, ada sebagian orang yang rambutnya tumbuh lebih cepat atau lebih lambat. Seberapa cepat rambut tumbuh dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, genetik, hormon, jenis rambut, dan kondisi medis tertentu.

Ketahui 7 Cara Memanjangkan Rambut dengan Mudah dan Praktis - Alodokter

Meski hingga saat ini belum ada cara memanjangkan rambut secara cepat dan instan, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Beragam Cara Memanjangkan Rambut

Berikut ini adalah beberapa cara memanjangkan rambut yang bisa Anda coba lakukan:

1. Memenuhi asupan nutrisi

Sama seperti bagian tubuh lain, rambut juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan sehat. Kekurangan nutrisi tertentu bisa memperlambat pertumbuhan rambut dan memicu kerontokan rambut yang berlebihan.

Agar rambut bisa tumbuh dengan sehat dan kuat, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, mineral, dan vitamin. Beberapa jenis makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

2. Menghindari kebiasaan terlalu sering mencuci rambut

Kulit kepala yang sehat dan bersih sangat penting untuk kesehatan rambut. Namun, terlalu sering mencuci rambut justru bisa membuat rambut kering, rapuh, dan mudah rontok.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi frekuensi keramas cukup 1 atau 2 hari sekali. Anda juga bisa mencuci rambut saat rambut terasa kotor, berkeringat, atau berminyak.

3. Membatasi penataan rambut dengan bahan kimia

Mengubah tampilan rambut, misalnya dengan mewarnai atau meluruskan rambut, bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Bahan kimia yang digunakan dalam prosedur tersebut dapat merusak rambut, sehingga rambut lebih mudah patah sebelum tumbuh.

Agar penataan rambut tidak mengganggu pertumbuhan rambut, Anda disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu mengenai perawatan lanjutan apa saja yang diperlukan setelah mewarnai atau meluruskan rambut.

4. Menggunakan kondisioner rambut secara teratur

Mengoleskan kondisioner setiap kali Anda selesai keramas juga merupakan bagian penting dari cara memanjangkan rambut.

Tak hanya membantu rambut terlihat lebih berkilau, kondisioner juga berperan dalam meningkatkan kelembapan dan memperkuat rambut, melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari, serta mencegah rambut kusut.

5. Membatasi penggunaan alat penata rambut

Penggunaan alat penata rambut, seperti catokan atau alat pengeriting rambut, dapat merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya. Pasalnya, suhu panas dari alat-alat tersebut dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan alami rambut. Hal ini tentu akan membuat rambut lebih rapuh dan rentan rontok.

Jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut. Namun, jika Anda memerlukan alat tersebut, semprotkan produk pelindung rambut terlebih dahulu, atur suhu dengan panas paling kecil, dan jangan biarkan alat tersebut menempel terlalu lama di rambut.

6. Menggunakan masker rambut

Sama seperti masker wajah, masker rambut berfungsi untuk menyehatkan dan menutrisi rambut. Dengan melakukan perawatan masker rambut secara rutin, rambut bisa tumbuh lebih berkilau, lebih kuat, dan terlindung dari kerusakan.

Khusus untuk memanjangkan rambut, Anda bisa menggunakan telur sebagai bahan utama masker. Kandungan nutrisi dalam telur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut.

7. Memijat kepala menggunakan minyak alami

Rutin memijat kepala juga bisa menjadi cara memanjangkan rambut yang efektif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat kepala bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk menerapkannya, Anda bisa mencoba alat pemijat kulit kepala atau lakukan sendiri menggunakan minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak kelapa yang dicampur dengan minyak esensial, seperti tea tree oil atau peppermint. Jenis minyak tersebut berfungsi untuk merangsang folikel rambut agar bisa tumbuh.

Lakukan pijatan di kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit dan cuci rambut setelah 30–60 menit.

Selain mengikuti beberapa cara memanjangkan rambut di atas, Anda juga perlu minum banyak air, kelola stres dengan baik, hindari mengikat rambut terlalu kencang, serta potong ujung rambut secara rutin setidaknya 1 cm setiap 3 bulan sekali atau lebih.

Jika rambut Anda tak kunjung panjang meski telah melakukan berbagai cara memanjangkan rambut di atas atau bahkan muncul masalah kulit kepala setelah memakai produk tertentu, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.