Menggunakan obat sakit gigi saat hamil tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan setiap obat yang dikonsumsi ibu hamil bisa saja memengaruhi kondisi kehamilan dan janin. Untuk menentukan obat sakit gigi yang tepat, perlu diketahui lebih dahulu apa penyebab sakit gigi yang dialami oleh ibu hamil.

Sakit gigi saat hamil tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas. Obat sakit gigi menjadi salah satu pilihan ibu hamil untuk mengatasi rasa sakit yang dialami.

Ketahui Beberapa Pilihan Obat Sakit Gigi Saat Hamil - Alodokter

Namun, Bumil perlu lebih hati-hati, karena setiap makanan, minuman, atau obat yang masuk ke dalam tubuh Bumil bisa memengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Langkah paling bijak untuk mengatasi keluhan sakit gigi saat hamil adalah dengan meminta rekomendasi dokter sebelum mengonsumsi obat sakit gigi saat hamil. Dokter akan memberikan pengobatan maupun perawatan gigi yang aman dan tidak mengganggu kehamilan serta kesehatan janin.

Pengobatan maupun perawatan sakit gigi saat hamil tentunya juga diberikan dokter sesuai dengan penyebab dan kondisi yang dialami.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebab sakit gigi saat hamil:

Kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga

Salah satu penyebab paling umum sakit gigi adalah buruknya kebersihan gigi. Jarang menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi memungkinkan kuman di gigi dan mulut berkembang biak, sehingga merusak gigi dan menimbulkan rasa sakit pada gigi.

Perubahan hormon

Peningkatan hormon selama kehamilan merupakan salah satu penyebab mengapa ibu hamil bisa sering mengalami sakit gigi. Hal ini dikarenakan perubahan hormon tersebut diduga dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak atau karang gigi dan pembengkakan pada gusi.

Selain itu, peningkatan hormon saat kehamilan juga dapat menyebabkan ibu hamil sering merasakan mual dan muntah. Hal ini membuat asam lambung yang keluar saat muntah dapat merusak lapisan pelindung atau enamel gigi dan membuat gigi lebih sensitif dan mudah ngilu atau sakit.

Banyak mengonsumsi makanan manis

Penyebab lain masalah kesehatan gigi saat hamil adalah kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan produksi asam di dalam mulut. Seiring waktu, meningkatnya asam tersebut dapat merusak gigi dan membuat gigi terasa sakit.

Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Ada banyak pilihan obat sakit gigi saat hamil yang bisa Bumil gunakan. Akan tetapi, sebelum menggunakannya, Bumil sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar dokter dapat menentukan penyebab sakit gigi yang Bumil alami dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Setelah penyebab sakit gigi yang Bumil alami diketahui, dokter dapat memberikan beberapa pilihan obat sakit gigi yang aman digunakan saat hamil berikut ini:

1. Obat pereda nyeri

Untuk meringankan gejala nyeri pada gigi, dokter bisa meresepkan obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Obat ini tergolong aman untuk digunakan oleh ibu hamil.

Sementara itu, obat-obatan pereda nyeri jenis lain, seperti asam mefenamat, aspirin, ibuprofen, atau naproxen mungkin sebaiknya tidak dikonsumsi karena lebih berisiko menimbulkan sejumlah masalah pada kehamilan, termasuk keguguran.

2. Obat kumur antiseptik

Selain meresepkan obat pereda nyeri, dokter juga dapat meresepkan obat kumur antiseptik untuk mencegah pertumbuhan kuman di gigi dan mulut. Untuk mengatasi nyeri gigi yang parah, dokter mungkin dapat meresepkan obat kumur yang mengandung benzocaine.

Namun, penggunaan obat tersebut mungkin hanya boleh digunakan dalam waktu beberapa hari dan bukan untuk jangka panjang. Obat tersebut juga mungkin kurang aman untuk digunakan, jika usia kandungan masih di trimester pertama.

Hal yang perlu diingat, hindari membeli obat kumur tanpa resep dokter. Obat kumur yang dijual bebas banyak yang mengandung alkohol. Jika digunakan, alkohol pada obat kumur dapat memperburuk rasa sakit pada gigi yang dialami.

3. Antibiotik

Dokter akan meresepkan antibiotik jika sakit gigi yang Bumil alami disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika diresepkan obat antibiotik, Bumil perlu mengonsumsinya hingga habis meski gejala sakit gigi sudah mereda.

Hindari penggunaan antibiotik sebagai obat sakit gigi saat hamil tanpa anjuran atau resep dokter. Hal ini karena beberapa jenis antibiotik berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kehamilan dan janin.

4. Kumur air garam

Air garam merupakan disinfektan alami. Selain dapat meringankan sakit gigi, berkumur dengan air garam juga dapat mengangkat kotoran yang mungkin masih tersisa di mulut, meredakan peradangan dan pembengkakan gusi, serta mempercepat pemulihan luka pada mulut.

Cara ini juga sangat mudah dilakukan. Bumil hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian aduk hingga garam larut dalam air. Setelah itu, Bumil bisa berkumur selama 10–15 menit, lalu keluarkan air garam dari mulut.

Berbagai Cara Mencegah Sakit Gigi Saat Hamil

Untuk mencegah sakit gigi saat hamil, Bumil perlu selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Sikat gigi setidaknya 2 kali setiap hari, terutama setelah makan dan sebelum tidur, serta pilihlah sikat gigi yang berbulu halus.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman manis, termasuk minuman bersoda.
  • Perbanyak minum air putih serta konsumsi buah dan sayuran.
  • Hindari obat kumur atau mouthwash yang mengandung alkohol.
  • Jauhi rokok maupun asap rokok.

Jika Anda mengalami muntah-muntah selama hamil, hindari langsung menyikat gigi karena asam lambung kemungkinan masih menempel pada lapisan gigi. Jika segera disikat, asam lambung yang menempel di gigi bisa merusak gigi.

Berkumurlah terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian gunakan mouthwash yang mengandung fluoride dan bebas alkohol. Disarankan untuk menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah muntah.

Penggunaan obat sakit gigi saat hamil harus digunakan secara hati-hati dan di bawah pengawasan dokter. Oleh karena itu, jika Bumil mengalami sakit gigi, jangan sembarangan mengonsumsi obat. Periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan obat sakit gigi yang aman dan sesuai penyebabnya.