Onani pada wanita menurut pandangan medis merupakan aktivitas seksual yang normal dan relatif aman jika dilakukan dengan cara yang benar. Ladies, agar tetap aman dan juga memuaskan, kamu perlu mempelajari teknik onani wanita yang benar di sini.

Onani (masturbasi) pada wanita umumnya dilakukan dengan menyentuh dan memainkan daerah intim, seperti klitoris dan vagina. Bagian ini merupakan daerah sensitif wanita yang bisa membangkitkan gairah dan mendatangkan kepuasan seksual, ketika dirangsang dengan tepat.

Cara Onani Wanita yang Aman dan Memuaskan - Alodokter

Selain menyentuh dan memainkan klitoris dan vagina dengan tangan, onani pada wanita juga bisa dilakukan dengan meremas-remas payudara dan memainkan puting, atau menggunakan alat bantu seks.

Tips agar Onani pada Wanita Terasa Lebih Memuaskan

Sebagai langkah awal, kamu perlu lebih dulu melepaskan segala perasaan tabu, malu, bersalah, atau segala bentuk pikiran yang membuat kamu tidak nyaman melakukan onani.

Cobalah berpikir lebih positif bahwa onani adalah hal yang normal dilakukan. Selain dapat mendatangkan kenikmatan, onani juga bisa memberi sejumlah manfaat, seperti meredakan stres, memperbaiki suasana hati, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Jika perlu, rencanakan kapan dan bagaimana harus melakukan onani. Pastikan tidak ada yang akan mengganggu waktumu selama melakukannya ya, Ladies!

Agar onani dapat terasa lebih memuaskan, berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan onani yang bisa kamu lakukan:

1. Mulailah saat mandi

Masturbasi yang nyaman dan sehat perlu dilakukan saat tubuh sudah bersih. Agar lebih rileks, kamu bisa mencoba mandi sambil menggunakan aromaterapi. Usapkan sabun ke tubuh secara menyeluruh, lalu mulailah menstimulasi payudara dan bagian intim saat sedang mandi.

2. Lakukan di tempat yang nyaman

Setelah selesai mandi, kamu bisa melanjutkan sesi onani ke kamar tidur dengan diiringi musik favorit. Baringkan diri di ranjang atau sofa, lalu lebarkan kedua kaki dan gunakan cermin untuk dapat melihat area intimmu.

Kemudian, berikan stimulasi pada area vagina dan klitoris dengan menggunakan pelumas yang aman. Jika tidak ada pelumas, kamu juga bisa menggunakan air liur.

3. Coba latihan otot panggul

Cobalah untuk mengencangkan dan mengendurkan otot-otot dasar panggul secara bergantian dan nikmati sensasinya. Bersamaan dengan itu, cobalah masukan beberapa jari ke dalam vagina serta menstimulasi bagian klitoris, payudara, puting atau bagian tubuh yang sensitif secara bergiliran. Rasakan sensasinya hingga mencapai klimaks.

4. Lakukan onani dengan rileks dan tenang

Onani akan terasa lebih nyaman jika hal tersebut dilakukan dengan santai dan tidak terburu-buru. Lakukan stimulasi sambil berfantasi seksual, misalnya membayangkan bercinta dengan pria idaman atau tempat-tempat romantis yang ingin kamu kunjungi.

5. Bayangkan fantasi seksmu

Kamu juga bisa melakukan onani sambil menonton film atau melihat gambar yang erotis. Tidak hanya itu, melakukan onani sambil membaca novel erotis juga mungkin dapat meningkatkan kepuasan seksual wanita.

6. Variasikan dengan sex toys

Jika belum cukup puas melakukan stimulasi dengan jari tangan, kamu bisa menggunakan alat bantu seksual atau sex toys, seperti vibrator, ben wa balls, dan dildo atau penis silikon untuk mendapatkan sensasi nikmat dan kepuasan seksual.

Agar sesi masturbasi ini tetap aman dan terhindar risiko penyakit, seperti infeksi saluran kemih, kamu perlu menjaga kebersihan diri ya, ladies. Ini dia tipsnya:

  • Bersihkan tubuh dan area intim sebelum dan sesudah melakukan onani.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan onani
  • Jika ingin menggunakan sex toys, pastikan dulu kebersihannya. Cuci sex toys sebelum dan sesudah digunakan. Bila pemakaian sex toys akan berpindah dari satu area ke area tubuh lain, pencucian juga harus dilakukan.
  • Jangan menggunakan sex toys bergantian dengan orang lain. Sebaiknya tidak menggunakan sex toys yang sama untuk menstimulasi bagian vagina dan anus.

Jika dilakukan dengan benar, rata-rata wanita dapat mencapai orgasme dalam waktu sekitar 8-10 menit saat melakukan onani.

Walaupun masturbasi merupakan aktivitas seksual yang normal dan menyenangkan, onani perlu dilakukan dengan lembut agar tidak menimbulkan nyeri atau luka pada alat kelamin.

Jika membutuhkan saran dan tips mengenai onani pada wanita atau cara untuk mencapai kepuasan seksual, disarankan untuk berkonsultasi ke psikolog atau dokter.