Manfaat tanaman tidak hanya dapat dirasakan bila diletakkan di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah. Keberadaan tanaman di dalam rumah dapat membuat udara lebih segar dan sehat untuk dihirup, sehingga kesehatan Anda dan keluarga dapat terjaga.

Tak hanya di luar rumah, polusi udara juga dapat ditemukan di dalam rumah. Polusi tersebut bisa berasal dari debu karpet, pendingin udara yang jarang dibersihkan, pengharum ruangan berbahan kimia, atau produk pembersih rumah tangga.

6 Manfaat Tanaman di Dalam Rumah - Alodokter

Salah satu cara untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah adalah dengan meletakkan tanaman di dalam rumah. Selain mempercantik ruangan dan menyegarkan udara, manfaat tanaman dalam rumah juga baik untuk kesehatan.

Manfaat Tanaman di Dalam Rumah

Selain memberikan udara yang bersih dan segar untuk dihirup, ada beragam manfaat tanaman lain bila Anda meletakkannya di dalam rumah, antara lain:

1. Menangkal polusi udara

Selain mempercantik ruangan, manfaat tanaman di dalam rumah juga berperan sebagai pembersih udara alami. Semua bagian dari tumbuhan, seperti dedaunan sampai akar, dapat menyerap polutan kimia di dalam ruangan rumah.

Anda bisa meletakkan 2–3 tanaman dalam ruangan yang berukuran sekitar 9 meter persegi agar mendapatkan proses detoksifikasi udara yang ideal. Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah untuk menangkal polusi udara meliputi:

  • Peace lily (Spathiphyllum)
  • Lili Paris (Chlorophytum comosum)
  • Suji
  • Bunga krisan
  • Palem kuning
  • Golden pothos atau sirih gading (Epipremnum aureum)
  • Daun Ivy (Hedera helix)
  • Chinese evergreen atau sri rejeki (Aglaonema sp.)
  • Rubber plant atau karet kebo (Ficus elastica)

2. Menurunkan risiko alergi dan pilek

Manfaat tanaman dalam rumah lainnya adalah mampu menurunkan risiko batuk, sakit tenggorokan, pilek, flu, dan alergi. Ini dikarenakan ruangan yang memiliki tumbuhan di dalamnya akan menghasilkan lebih sedikit debu dan jamur.

Selain itu, daun dan bagian tumbuhan lain juga dapat berperan sebagai penyaring alami yang dapat menangkap alergen atau zat pemicu alergi dan partikel udara lain yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan.

3. Memiliki peran sebagai aromaterapi alami

Tanaman di dalam rumah juga bisa berperan sebagai aromaterapi alami. Beberapa jenis tanaman yang sering diolah menjadi bahan dasar minyak aromaterapi dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, misalnya lavender.

Aromaterapi sendiri dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan meningkatkan suasana hati.

4. Menjaga kesehatan mental

Tanaman di dalam rumah dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan mental, seperti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, keberadaan tanaman di rumah juga mampu memberikan efek relaksasi serta mampu memperbaiki mood dan membuat Anda lebih tenang.

5. Meningkatkan produktivitas dan fokus

Selain efek psikologis di atas, adanya tanaman di dalam rumah dapat membentuk interaksi antara alam dan manusia, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fungsi memori. Hal ini juga bisa berdampak pada meningkatnya produktivitas dan fokus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tanaman di dalam rumah memungkinkan pemiliknya berpikir lebih jernih dan kreatif.

6. Mempercepat masa pemulihan setelah sakit

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah menjalani prosedur operasi akan cepat pulih jika memiliki tanaman di dalam kamar atau pemandangan yang asri dari balik jendela mereka.

Selain itu, keberadaan tanaman di dalam ruang perawatan juga membuat pasien merasa lebih tenang dan memiliki masa rawat inap yang lebih pendek.

Melihat banyaknya manfaat tanaman di dalam rumah, Anda dapat mulai untuk  menghias bagian dalam rumah dengan aneka tumbuhan. Meski demikian, Anda juga perlu lebih cermat dan hati-hati dalam memilih tanaman. Hal ini karena beberapa jenis tanaman dapat menyebabkan munculnya gejala alergi.

Jika Anda mengalami gejala alergi akibat adanya tanaman tertentu di dalam rumah, seperti gatal-gatal, bersin, atau sesak napas, periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Anda pun bisa bertanya lebih jauh seputar manfaat tanaman di dalam rumah bagi kesehatan.