Linagliptin adalah obat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obat ini tidak dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Untuk meningkatkan efektivitas pengobatan, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk melakukan perubahan pola hidup.  

Linagliptin bekerja dengan meningkatkan pelepasan insulin sehingga kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dapat dikendalikan. Linagliptin hanya boleh digunakan berdasarkan resep dokter.

Linagliptin - alodokter

Merek dagang linagliptin: Trajenta, Trajenta Duo

Apa Itu Linagliptin

Golongan Antidiabetes
Kategori Obat resep
Manfaat Mengobati diabetes tipe 2
Dikonsumsi oleh Dewasa
Linagliptin untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Linagliptin dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk obat Tablet salut selaput

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Linagliptin

Linagliptin tidak boleh digunakan sembarangan. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan linagliptin:

  • Jangan mengonsumsi linagliptin jika Anda riwayat alergi terhadap obat ini.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan linagliptin, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah menderita pankreatitis, penyakit jantung, penyakit ginjal, batu empedu, kolesterol tinggi, atau kecanduan alkohol.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi linagliptin.

Dosis dan Aturan Pakai Linagliptin

Dosis umum linagliptin yang dapat diberikan oleh dokter untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 adalah 5 mg 1 kali sehari.  Linagliptin bisa diberikan bersama dengan obat antidiabetes yang lain, seperti metformin.

Selama menjalani pengobatan dengan linagliptin, Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memantau kadar gula darah dan melihat efektivitas terapi.

Cara Mengonsumsi Linagliptin dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan selalu baca instruksi yang terdapat pada kemasan obat saat akan mengonsumsi linagliptin. Linagliptin dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Telan linagliptin tablet secara utuh dengan bantuan air putih. Dianjurkan untuk mengonsumsi linagliptin pada jam yang sama setiap harinya.

Jika Anda lupa mengonsumsi linagliptin, segera minum obat ini jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Linagliptin tidak dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Penggunaan linagliptin harus diikuti dengan pengaturan pola makan dan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan pasien, agar hasil pengobatan maksimal.

Simpan linagliptin pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Linagliptin dengan Obat Lain

Penggunaan linagliptin dengan obat-obatan tertentu dapat menimbulkan beberapa efek interaksi, di antaranya:

  • Meningkatkan risiko terjadinya pankreatitis akut jika digunakan bersama bexarotene
  • Memengaruhi kadar gula dalam darah jika digunakan bersama gatifloxacine
  • Meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia jika digunakan bersama insulin atau sulfonilurea
  • Menurunkan kadar linagliptin di dalam darah jika digunakan bersama rifampicin
  • Meningkatkan kadar linagliptin di dalam darah jika digunakan bersama ritonavir

Efek Samping dan Bahaya Linagliptin

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi linagliptin, antara lain:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan di atas tidak kunjung membaik. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau hipoglikemia, setelah mengonsumsi linagliptin. Beberapa gejala hipoglikemia adalah:

Selain itu, Anda juga disarankan untuk segera ke dokter jika timbul keluhan yang menandakan terjadinya pankreatitis akut, seperti nyeri perut berat, mual, dan muntah yang terus-menerus.