Kesemek memiliki rasa dan tekstur yang unik dan disukai cukup banyak orang. Namun, di balik itu, ada pula manfaat buah kesemek yang bisa kita dapatkan berkat kandungan nutrisinya yang melimpah.

Buah kesemek atau Diospyros kaki pertama kali ditemukan di negara Tiongkok lebih dari ribuan tahun silam. Buah ini memiliki tampilan yang cukup unik, yaitu seperti tomat berwarna oranye, dan rasa yang manis seperti madu. Meski tidak sepopuler buah-buahan lainnya, manfaat buah kesemek tak bisa disepelekan.

Manfaat Buah Kesemek yang Wajib Diketahui - Alodokter

Beragam Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Dalam buah kesemek terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin C, asam folat, mangan, dan serat. Selain itu, buah ini juga bisa menjadi sumber berbagai macam antioksidan, vitamin B6, thiamin, riboflavin, folat, magnesium, dan fosfor yang cukup baik.

Berkat beragamnya nutrisi tersebut, buah kesemek dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah kesemek yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan mata

Faktanya, 1 buah kesemek mengandung lebih dari setengah kebutuhan vitamin A harian Anda. Selain itu, buah kesemek juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan, dan mencegah berbagai jenis penyakit mata, misalnya degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah kesemek dalam memelihara kesehatan jantung berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan tannin yang cukup tinggi. Antioksidan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi peradangan. Karena khasiat ini, buah kesemek baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko penyakit kanker

Selain untuk mengurangi peradangan, antioksidan secara umum juga berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Fungsi antioksidan bermanfaat untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Berkat kandungan antioksidan beta karoten di dalamnya, buah kesemek diyakini dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker usus besar.

4. Menjaga kesehatan otak

Buah kesemek mengandung senyawa alami yang disebut fisetin, antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Senyawa fisetin terbukti mampu meningkatkan memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf, dan mencegah penurunan kognitif terkait usia.

Tidak hanya itu, fisetin diketahui bisa mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke. Fisetin juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

Masih banyak lagi manfaat buah kesemek lainnya. Buah kesemek juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan, mendorong pembuangan racun dari tubuh, dan mengurangi risiko diabetes.

Dengan banyaknya manfaat buah kesemek, kini Anda bisa mulai memasukkan buah ini ke dalam menu diet Anda sehari-hari. Anda bisa menikmatinya dengan berbagai cara, baik dimakan secara langsung maupun diolah menjadi berbagai macam hidangan menarik, seperti jus, selai, puding, atau sebagai campuran salad buah.

Namun, perlu diketahui bahwa orang yang memiliki rhinitis alergi bisa mengalami reaksi alergi pada mulut dan tenggorokannya saat memakan buah kesemek. Meski begitu, jangan terlalu khawatir karena reaksi ini sangat jarang terjadi.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala alergi, seperti gatal-gatal dan bengkak pada bibir, mulut, lidah, ataupun tenggorokan, saat memakan buah ini, terutama jika gejala tersebut disertai dengan kesulitan bernapas.

Bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan ragu untuk menyertakan kesemek dalam menu makanan sehari-hari Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai keamanan maupun jumlahnya.