Manfaat chia seed untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Makanan yang dikenal sebagai superfood ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan Bumil serta janin. Meski bermanfaat, konsumsi chia seed tidak boleh berlebihan sebab bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Chia seed merupakan biji-bijian kecil berwarna hitam dari tanaman Salvia hispanica L. Biji ini kaya akan nutrisi, termasuk protein, serat, karbohidrat, omega-3, omega-6, mangan, fosfor, tembaga, selenium, besi, magnesium, dan kalsium.

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya - Alodokter

Selain itu, chia seed juga bebas gluten dan mengandung banyak senyawa tanaman yang menyehatkan tubuh.

Beragam Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung pada chia seed, maka tak heran jika biji ini mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Manfaat chia seed yang bisa Bumil peroleh antara lain:

1. Mencegah sembelit

Sembelit pada ibu hamil merupakan hal yang umum terjadi. Jika dibiarkan, sembelit lama-kelamaan dapat menyebabkan Bumil mengalami asam lambung naik dan wasir. Untuk mencegahnya, Bumil bisa rutin mengonsumsi chia seed.

Dalam 2 sendok makan chia seed, terkandung sekitar 8 gram serat. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 30% kebutuhan harian serat yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Mencukupi kebutuhan serat selama hamil akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga sembelit pun bisa dihindari.

2. Mencegah anemia

Ketika hamil, jumlah zat besi yang diperlukan tubuh bertambah 2 kali lipat. Jika asupan ini tidak tercukupi, Bumil bisa mengalami gejala anemia yang meliputi pusing, lelah, dan tidak berenergi. Nah, Bumil bisa mendapatkan asupan zat besi dari chia seed.

Dalam 2 sendok makan chia seed terkandung sekitar 2 mg zat besi. Jumlah ini sudah memenuhi 11% dari asupan harian ibu hamil. Selain mencegah anemia, mencukup zat besi juga penting untuk membantu melancarkan aliran oksigen ke janin.

3. Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin

Chia seed juga kaya akan kalsium. Dua sendok makan chia seed saja sudah memenuhi 15% kebutuhan kalsium harian Bumil. Nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin, serta membantu jantung, saraf, dan otot janin berkembang dengan optimal.

Di samping itu, mencukupi kebutuhan kalsium saat hamil juga mengurangi risiko Bumil mengalami preeklamsia, kelahiran prematur, dan perdarahan pasca persalinan.

4. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Chia seed mengandung protein dan asam lemak omega-3 (ALA) yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut memiliki peran besar dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin. Dengan begitu, peluang Bumil untuk melahirkan bayi pintar akan semakin tinggi.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, konsumsi chia seed juga bisa membuat tubuh Bumil lebih berenergi dan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal agar terhindar dari diabetes gestasional.

Bumil, Waspadai Efek Samping Konsumsi Chia Seed secara Berlebihan

Bukannya bermanfaat, chia seed yang dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping, lho. Chia seed merupakan makanan berserat tinggi. Jadi, terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat perut menjadi tidak nyaman dan meningkatkan risiko Bumil mengalami diare.

Jika Bumil sedang mengonsumsi obat untuk mengontrol kadar gula darah, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan chia seed, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan interaksi obat yang justru mengganggu ketidakstabilan kadar gula darah Bumil.

Di samping itu, perhatikan pula reaksi tubuh Bumil setelah mengonsumsi chia seed, ya. Jika muncul gejala alergi, seperti gatal pada lidah atau bibir, sakit perut, atau mungkin sesak napas, segera berhenti mengonsumsinya dan periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Bumil, manfaat chia seed bisa diperoleh jika dikonsumsi dengan tepat. Bumil bisa mencampurkan chia seed pada makanan atau minuman, seperti bubur oat, salad, jus atau smoothies buah, dan yoghurt.

Bumil juga tidak boleh lupa untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya di samping chia seed. Selain itu, perbanyak minum air putih, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, istirahat terus, dan memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan agar selalu sehat.