Manfaat teh chamomile bagi kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Berkat manfaatnya ini, teh chamomile digunakan secara turun-menurun sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Teh chamomile terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari Eropa. Jenis teh ini termasuk dalam teh bebas kafein yang cukup populer dan banyak diminati. Tak hanya karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum, teh chamomile juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.6 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan - Alodokter

Berbagai Manfaat Teh Chamomile

Sebagian besar manfaat teh chamomile diduga berasal dari senyawa aktif yang ada di dalamnya, seperti azolin, bisabolol, apigenin, dan luteolin. Berkat kandungannya tersebut, teh chamomile berkhasiat sebagai antiradang, antimikroba, antioksidan, dan bahkan antikanker.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh chamomile yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Teh chamomile adalah salah satu terapi alternatif yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, sekaligus mengatasi insomnia.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengalami susah tidur atau insomnia, cobalah untuk minum secangkir teh chamomile setiap harinya.

Beberapa studi menunjukkan bahwa teh chamomile mampu memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan meredakan kecemasan, sehingga dapat mendorong rasa kantuk. Efek ini diketahui berasal dari kandungan zat apigenin di dalamnya yang bekerja layaknya obat penenang.

Namun, efek tersebut bisa saja hanya sementara atau bahkan tidak efektif, terutama pada orang yang mengalami gangguan tidur akibat masalah kesehatan tertentu, seperti depresi, gangguan bipolar, sleep apnea, atau hipertiroidisme.

2. Meredakan gejala flu

Gejala flu biasa, seperti hidung tersumbat dan sakit kepala, bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat menjalani aktivitas atau bahkan tidur. Nah, untuk meredakan gejalanya, Anda bisa coba minum teh chamomile hangat.

Khasiat antiradang yang dimiliki teh chamomile mampu mengurangi gejala dan mendukung proses pemulihan saat Anda terkena flu.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Teh chamomile telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama penyakit asam lambung, diare, dan mual.

Manfaat teh chamomile ini diduga berasal dari efek antiradang di dalamnya yang dapat mengurangi keasaman di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Selain itu, teh chamomile juga dapat menenangkan perut dan merelaksasi otot pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat mual.

4. Meredakan nyeri menstruasi

Teh chamomile kerap digunakan untuk mengurangi gejala nyeri menstruasi, termasuk kram perut. Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa minum teh chamomile dapat mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi.

Anda bisa mendapatkan kedua khasiat tersebut berkat kandungan azolin yang berperan sebagai antiradang dan antinyeri alami, serta bisabolol yang dapat memberikan efek menenangkan.

5. Mengontrol kadar gula darah

Minum teh chamomile juga dapat menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

Manfaat ini didukung oleh banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh chamomile setiap hari setelah makan memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang minum air. Selain itu, teh ini juga berpotensi mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Di samping efek baik terhadap gula darah, penelitian terkait manfaat ini masih perlu dikembangkan untuk mengetahui keamanan dan efektivitasnya sebagai terapi penyakit diabetes. Selain itu, teh chamomile sebaiknya dikonsumsi 1 jam setelah makan agar penyerapan zat besi dari makanan tidak terganggu.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teh chamomile diketahui memiliki zat yang bersifat antikanker dan antioksidan yang dapat menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker kulit, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker tiroid.

Namun, manfaat teh chamomile tersebut belum bisa menggantikan pengobatan kanker secara medis, seperti operasi atau kemoterapi. Hingga saat ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat teh chamomile sebagai obat kanker yang efektif.

Selain berbagai manfaat di atas, teh chamomile juga diketahui dapat menjaga kepadatan tulang, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Produk yang mengandung ekstrak kamomil, seperti salep dan gel, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat wasir.

Meski umumnya aman dikonsumsi, ada beberapa kondisi yang mengharuskan sebagian orang lebih berhati-hati dalam mengonsumsi teh chamomile, yaitu anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta orang yang menderita penyakit hati atau ginjal.

Agar lebih aman dan bisa mendapatkan manfaat teh chamomile dengan maksimal, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum rutin mengonsumsi teh chamomile sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu.