Mata kuning sering kali dikaitkan dengan penyakit kuning. Padahal, penyebabnya tidak hanya itu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal dan bisa menjadi tanda adanya penyakit serius yang perlu segera ditangani.

Mata kuning umumnya ditandai dengan menguningnya bagian putih mata atau sklera. Kondisi ini umumnya berkaitan dengan gangguan kesehatan di kandung empedu, hati, atau pankreas. Selain itu, banyak hal lain yang juga dapat menyebabkan mata kuning.

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diwaspadai - Alodokter

Beragam Penyebab Mata Kuning

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata kuning, di antaranya:

1. Penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh penumpukan zat bernama bilirubin di dalam aliran darah. Penyakit ini ditandai dengan gejala mata kuning dan kulit berwarna kuning. Penyakit kuning umumnya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Penyakit kuning pada bayi baru lahir disebabkan organ hati yang belum dapat berfungsi dengan baik untuk mengolah bilirubin. Sementara itu, penyakit kuning pada orang dewasa dapat menandakan adanya gangguan kesehatan, seperti hepatitis dan kanker pankreas.

2. Sirosis hati

Sirosis hati adalah kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Kondisi ini dapat memengaruhi fungsi hati dan menyebabkan mata kuning. Gejala lain yang menandai sirois hati adalah nafsu makan berkurang, penurunan berat badan secara drastis, dan mudah lelah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan sirosis hati:

  • Konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Hepatitis B dan hepatitis C kronis
  • Perlemakan hati
  • Penghancuran saluran empedu (primary biliary cirrhosis)
  • Pengerasan dan kerusakan pada saluran empedu (primary sclerosing cholangitis)
  • Infeksi parasit
  • Kelainan genetik, seperti Sindrom Alagille
  • Penyakit Wilson
  • Kanker hati

3. Batu empedu

Gejala yang ditunjukkan penderita batu empedu umumnya bervariasi tergantung ukuran batu empedu. Mata kuning merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita batu empedu. Gejala ini juga disertai dengan nyeri perut kanan atas, nyeri dada, serta mual dan muntah.

4. Gangguan pankreas

Saluran pankreas dan saluran empedu bergabung untuk mengalirkan empedu ke usus kecil. Jika saluran pankreas terinfeksi atau tersumbat, empedu tidak dapat mengalir dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan mata kuning.

Selain tersumbatnya aliran empedu, kanker pankreas juga dapat menyebabkan mata kuning.

5. Kelainan darah

Mata kuning juga bisa disebabkan adanya kelainan pada sel darah merah. Kelainan darah yang dimaksud dapat berupa anemia hemolitik, reaksi ketidakcocokan darah setelah transfusi darah, dan anemia sel sabit.

Selain beberapa kondisi di atas, mata kuning juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan, , didanosine (obat HIV), isotretinoin, dan obat-obatan herba.

Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang dan dosis tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya mata kuning.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kuning adalah kondisi yang harus segera ditangani, terutama jika disertai gejala berupa nyeri perut, demam, atau dan BAB berdarah. Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut agar dapat diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat.