Medi-Klin adalah obat yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Medi-Klin mengandung antibiotik clindamycin yang digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang berjerawat.

Medi-Klin tersedia dalam kemasan yang berwarna orange dan Medi-Klin TR yang berwarna ungu. Medi-Klin mengandung clindamycin dan Medi-Klin TR mengandung kombinasi clindamycin dan tretinoin.

Medi-Klin - Alodokter

Clindamycin merupakan antibiotik yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri P. acnes dan juga memiliki efek antiradang. Sedangkan tretinoin topikal diketahui bekerja memengaruhi pertumbuhan sel kulit dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

Apa Itu Medi-Klin

Bahan aktif Clindamycin
Golongan Obat luar atau obat oles
Kategori Obat resep
Manfaat Mengatasi jerawat
Digunakan oleh Dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas
 

Clindamycin dan tretinonin topikal di dalam Medi-Klin untuk ibu hamil dan menyusui

Kategori N (Medi-Klin): Belum dikategorikan.Konsultasikan mengenai manfaat dan risiko Medi-Klin dengan dokter sebelum menggunakannya, bila Anda sedang hamil.

Kategori C (Medi-Klin TR): Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui apakah Medi-Klin dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Gel

Peringatan Sebelum Menggunakan Medi-Klin

Medi-Klin tidak boleh digunakan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat ini, antara lain:

  • Jangan menggunakan Medi-Klin jika Anda alergi terhadap obat ini, clindamycin, atau tretinoin. Beri tahu dokter mengenai riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita radang usus, kolitis ulseratif, atau diare yang berhubungan dengan penggunaan antibiotik.
  • Medi-Klin hanya untuk digunakan pada kulit berjerawat. Apabila terkena mata, mulut, hidung, atau kulit yang mengalami luka, segera bilas dengan air bersih.
  • Hindari penggunaan Medi-Klin bersama obat oles yang bisa memberikan efek kulit kering, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter jika jerawat tidak kunjung membaik atau justru semakin memberat setelah penggunaan Medi-Klin.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang serius setelah menggunakan Medi-Klin.

Dosis dan Aturan Pakai Medi-Klin

Medi-Klin digunakan dengan cara dioleskan tipis-tipis pada area yang berjerawat sebanyak 1–2 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Cara Menggunakan Medi-Klin dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter selama menggunakan Medi-Klin. Jangan menggunakan obat lebih banyak atau lebih sering dari yang dianjurkan dokter.

Gunakan Medi-Klin pada malam hari sebelum tidur. Sebelum menggunakan Medi-Klin, cuci muka terlebih dahulu dengan sabun wajah, lalu keringkan.

Gunakan kapas wajah untuk mengoleskan Medi-Klin gel ke area wajah yang berjerawat, lalu buang kapas tersebut setelah digunakan. Sebelum dan setelah selesai mengoleskan obat, cuci tangan sampai bersih.

Hindari mengoleskan Medi-Klin di daerah sekitar mata, hidung, dan mulut. Jika obat mengenai area-area ini, bilas dengan air yang banyak.

Gunakan Medi-Klin sesuai dosis yang ditentukan dokter agar mendapat hasil maksimal. Jika lupa menggunakan obat ini, disarankan untuk segera menggunakannya jika jeda dengan jadwal penggunaan berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan Medi-Klin dalam wadah tertutup di ruangan dengan suhu yang sejuk. Jangan menyimpannya di tempat yang lembap atau terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan Medi-Klin dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Medi-Klin dengan Obat Lain

Jika digunakan bersamaan dengan obat lain, kandungan clindamycin di dalam Medi-Klin dapat menimbulkan efek interaksi obat berupa:

  • Peningkatan efektivitas obat pelemas otot, seperti pancuronium, vecuronium, succinylcholine, rocuronium, atau mivacurium
  • Penurunan efektivitas clindamycin di dalam Medi-Klin jika digunakan bersama erythromycin

Efek Samping dan Bahaya Medi-Klin

Kandungan clindamycin di dalam Medi-Klin berpotensi menyebabkan sejumlah efek samping berupa:

  • Kulit terasa seperti terbakar
  • Kulit kering atau malah berminyak
  • Kulit gatal dan kemerahan
  • Kulit kering dan mengelupas

Hentikan pemakaian Medi-Klin dan periksakan diri ke dokter jika efek samping di atas tak kunjung reda atau justru semakin memburuk.

Segera ke dokter bila terjadi reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti sakit perut yang parah, diare, atau BAB berdarah setelah penggunaan Medi-Klin.