Renang gaya dada merupakan salah satu teknik berenang yang populer. Jika Anda belum akrab dengan gaya renang ini dan tertarik untuk mencobanya, tenang saja. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai teknik dan manfaat renang gaya dada.

Renang gaya dada atau yang kerap juga disebut sebagai gaya katak adalah salah satu teknik berenang yang gerakannya terbilang sederhana dan sering dianggap paling mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, renang gaya dada biasanya menjadi teknik pertama yang dipelajari oleh orang-orang yang baru mulai belajar berenang.

Memahami Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada - Alodokter

Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada

Seperti yang disebutkan di atas, teknik renang gaya dada tidaklah sulit. Agar bisa berenang dengan gaya ini, ada langkah-langkah yang harus Anda ikuti, yaitu:

  • Posisikan bagian depan tubuh Anda menghadap ke lantai kolam renang.
  • Jaga tubuh Anda selurus dan serileks mungkin, tapi usahakan agar pergelangan kaki tetap berada di bawah air.
  • Satukan kedua telapak tangan Anda dan luruskan tangan untuk bersiap-siap meluncur.
  • Lakukan gerakan meluncur dengan menolakkan telapak kaki yang menempel pada dinding kolam.
  • Mulai buka kedua telapak tangan ke arah luar hingga tubuh membentuk huruf Y, kemudian putar tangan ke dalam hingga kedua tangan kembali bertemu di depan dada.
  • Secara bersamaan dengan gerakan tangan di atas, buka kedua paha dan tekuk lutut hingga tumit mengarah ke bagian bokong, seperti gerakan kaki katak saat berenang.
  • Saat tangan sudah berada di depan dada dan kembali bersiap membuka, angkat kepala dan bahu ke atas air untuk mengambil napas.
  • Seraya tangan kembali membuka, kepala dan bahu sudah harus kembali berada di bawah permukaan air.
  • Ulangi gerakan di atas hingga selesai.

Bicara soal manfaat renang gaya dada, ada banyak hal positif yang bisa Anda peroleh, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Renang gaya dada adalah salah satu teknik berenang yang paling baik untuk dijadikan latihan kardio. Renang gaya dada dapat memperkuat jantung dan membantu organ ini memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh.

Selain itu, latihan kardio, seperti renang gaya dada, juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis pada pembuluh darah jantung.

2. Menjaga kesehatan paru-paru

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung, teknik renang gaya dada juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Latihan kardio, seperti renang gaya dada, mampu meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga memungkinkan organ ini untuk mengirimkan oksigen lebih banyak ke dalam darah.

3. Melatih otot-otot tubuh

Saat berenang gaya dada, Anda akan menggunakan hampir sebagian besar otot tubuh untuk bergerak di air. Renang gaya dada bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama otot dada, perut, paha, lengan, punggung bagian atas, dan kaki bagian bawah.

4. Membakar kalori

Walau tidak seefektif gaya renang lainnya dalam membakar kalori, bukan berarti renang gaya dada tidak membakar kalori sama sekali.

Renang gaya dada umumnya mampu membakar sekitar 200 kalori selama 30 menit. Jika dilakukan dengan rutin dan diimbangi dengan pola makan yang sehat, renang gaya dada bisa efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup

Berenang, termasuk renang gaya dada, merupakan olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin berenang cenderung memiliki umur lebih panjang daripada orang yang tidak suka berenang.

Bahkan, berenang juga bisa bermanfaat untuk mengurangi keluhan nyeri radang sendi yang sering terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Keluhan ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga dapat menghalangi lansia untuk melakukan aktivitas.

Beragam manfaat renang gaya dada di atas dapat Anda rasakan jika gaya renang ini dilakukan secara teratur sekitar 2,5 jam seminggu dan tentunya dengan teknik yang tepat.

Selain itu, kombinasikan juga renang gaya dada dengan konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait teknik dan manfaat renang gaya dada untuk kondisi kesehatan Anda, berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan gaya renang ini.