Ada banyak manfaat renang gaya punggung, mulai dari memperbaiki postur tubuh hingga menambah tinggi badan. Untuk memperoleh manfaatnya dengan maksimal, Anda harus tahu teknik renang gaya punggung yang tepat.

Renang gaya punggung merupakan teknik berenang yang paling mudah dibedakan dari teknik berenang lainnya, karena Anda akan menghadap ke atas saat berenang.

Memahami Teknik dan Manfaat Renang Gaya Punggung - Alodokter

Teknik ini memang membuat Anda lebih mudah bernapas. Namun, akan dibutuhkan kekuatan dan koordinasi otot yang lebih baik untuk bisa mempertahankan posisi badan di dalam air dan arah renang Anda tetap lurus.

Teknik Renang Gaya Punggung

Kunci melakukan renang gaya punggung adalah keberanian dan tubuh yang rileks. Jika Anda tertarik untuk mencoba renang gaya punggung, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Rilekskan seluruh tubuh Anda.
  • Luruskan punggung Anda semaksimal mungkin sehingga tubuh bagian depan berada di atas permukan air.
  • Usahakan pinggul, kepala, dan leher Anda agar tetap rileks dan dalam posisi yang lurus dengan badan.
  • Ayunkan satu lengan Anda ke atas dan putar belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan Anda selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
  • Jaga lengan agar selalu lurus dan rapat dengan merapatkan jari-jari Anda, terutama saat tangan berada di bawah air.
  • Saat satu lengan sedang mengayun di bawah air, secara bersamaan putar lengan yang lain ke atas.
  • Terus ayunkan kedua lengan Anda dengan gerakan memutar secara bergantian.
  • Bersamaan dengan gerak tangan, gerakkan kaki dengan tendangan mengepak, sama seperti saat melakukan renang gaya bebas.

Manfaat Renang Gaya Punggung

Ada beragam manfaat renang gaya punggung yang bisa Anda peroleh. Berikut ini di antaranya:

1. Membakar kalori

Berenang adalah salah satu olahraga kardio yang baik. Renang gaya punggung selama 30 menit bisa membakar sekitar 250 kalori. Jika dilakukan secara rutin, renang gaya punggung bisa menurunkan risiko Anda mengalami obesitas.

2. Melatih otot tubuh

Saat melakukan renang gaya punggung, Anda akan menggunakan banyak otot untuk menggerakkan tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh di air. Hal ini bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama otot lengan, kaki, perut, punggung, bahu, dan bokong Anda.

3. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat renang gaya punggung lainnya adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Dengan gaya renang ini, otot-otot tubuh perlu bekerja untuk menjaga punggung agar tetap lurus di dalam air. Dengan melakukan renang gaya punggung secara rutin, Anda akan terbiasa untuk duduk atau berdiri dengan postur yang tegak.

4. Membuat tubuh rileks

Berenang dengan gaya punggung dipercaya dapat menjadi sarana relaksasi bagi tubuh. Renang gaya punggung merupakan salah satu gaya yang sering dimanfaatkan untuk tujuan bersantai. Hal ini dapat memperbaiki mood, dan juga membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Menambah tinggi badan

Menambah tinggi badan juga merupakan salah satu manfaat renang gaya punggung.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, renang gaya punggung akan melatih Anda untuk menjaga tubuh tetap lurus di air. Hal ini bisa membantu memanjangkan tulang belakang Anda, sehingga Anda akan terlihat lebih tinggi dan tegap.

Manfaat-manfaat renang gaya punggung di atas dapat dirasakan jika berenang dilakukan secara rutin, yakni sekitar 2,5 jam dalam seminggu. untuk mengombinasikan berenang dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait renang gaya punggung atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya ada riwayat cedera lengan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan renang gaya punggung.