Tanggal kedaluwarsa kosmetik sering kali luput dari perhatian. Padahal, menggunakan kosmetik yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa bisa menimbulkan masalah pada kulit, meskipun kosmetik tersebut terlihat masih layak pakai.

Tak hanya makanan, kosmetik juga memiliki tanggal kedaluwarsa pemakaian yang tercetak pada kemasannya. Namun, karena alasan baru dipakai sedikit dan umumnya tahan lama, banyak wanita yang sering kali tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari produk kosmetik yang digunakannya.

Alasan Pentingnya Memerhatikan Tanggal Kadaluarsa Kosmetik - Alodokter

Padahal, jika sudah melewati tanggal kedaluwarsanya, produk kecantikan tersebut tidak lagi aman digunakan.

Bahaya Kosmetik Kedaluwarsa

Selain efeknya yang tidak lagi maksimal, penggunaan kosmetik kedaluwarsa juga tidak baik bagi kesehatan kulit.

Kosmetik yang telah kedaluwarsa umumnya sudah mengandung banyak bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti:

Oleh karena itu, jangan menggunakan produk kosmetik yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, terutama produk yang digunakan di mata, karena bisa menimbulkan bahaya bagi area mata yang sensitif.

Beberapa Hal yang Dapat Merusak Kosmetik

Selain tanggal kedaluwarsa kosmetik yang sudah lewat, ada beberapa faktor yang bisa membuat kosmetik mudah rusak, di antaranya:

Segel telah terbuka

Kosmetik yang masih tersegel dengan baik dan disimpan dalam suhu ruangan bisa awet selama beberapa tahun.

Namun, begitu segel produk dibuka dan kosmetik terpapar udara luar, bahan atau kandungan di dalam kosmetik bisa mengalami proses oksidasi sehingga kualitasnya akan berkurang seiring waktu.

Lokasi penyimpanan buruk

Jika disimpan di tempat yang panas dan lembap, misalnya kamar mandi, produk kosmetik bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur dan ragi. Oleh karena itu, simpan kosmetik di tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Kontaminasi bakteri melalui tangan

Menyentuh kosmetik atau mencelupkan jari langsung ke dalam produk kosmetik, dapat membuat mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan ragi, berpindah dari tangan ke kosmetik.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai jenis kosmetik yang dimiliki.

Saat yang Tepat untuk Membuang Kosmetik

Tidak semua kosmetik mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Berikut ini adalah panduan untuk menentukan apakah produk kosmetik masih layak digunakan atau tidak:

1. Maskara

Produk kosmetik ini sebaiknya dibuang setelah digunakan selama 4–6 bulan atau ketika sudah mulai berbau dan menggumpal. Jika disimpan terlalu lama, kosmetik ini bisa menyebabkan infeksi mata, seperti bintitan atau konjungtivitis, saat digunakan.

Agar bakteri tidak masuk ke dalam tabung maskara, tutup rapat-rapat setelah digunakan serta hindari memainkan stik maskara. Selain itu, segera buang maskara yang sudah mengering dan jangan menambahkan air biasa ke dalam tabung maskara untuk mengencerkannya.

2. Lipstik

Ganti lipstik setiap 6–8 bulan sekali atau jika sudah lengket, berbau, dan tidak lagi menempel di bibir. Lipstik mudah terekspos bakteri karena bersentuhan langsung dengan bibir yang mengandung banyak bakteri.

3. Eyeliner

Segera ganti eyeliner cair bila kemasannya sudah dibuka 6 bulan lalu, sedangkan eyeliner dalam bentuk pensil bisa terus digunakan jika dipertajam dan dibersihkan dengan tisu beralkohol secara teratur agar tidak kering.

4. Foundation

Foundation berbentuk cair dan krim dapat bertahan hingga sekitar 1 tahun, jika dijauhkan dari udara panas dan sinar matahari langsung. Namun, Anda tetap perlu mengganti foundation ketika produk kosmetik ini mulai mengental, menggumpal, atau berbau.

5. Concealer

Rata-rata tanggal kedaluwarsa concealer adalah 1 tahun, apabila ditutup dengan erat. Jika Anda menggunakan concealer stik, segera buang bila sudah rusak atau patah. Sementara itu, concealer cair tidak dapat digunakan bila sudah berbau dan tampak berminyak.

6. Blush dan eye shadow

Blush dan eye shadow berbentuk krim dapat bertahan hingga 1 tahun, sedangkan yang berbentuk padat sekitar 2 tahun. Namun, jika blush dan eye shadow padat mulai rusak sebelum 2 tahun, segera buang produk tersebut.

Begitu juga halnya dengan eye shadow dan blush dalam bentuk krim. Anda sebaiknya tidak lagi menggunakan produk ini jika sudah mengental dan berbau.

Untuk memperpanjang usia simpan produk kosmetik ini, Anda disarankan untuk mengencangkan penutup, menjauhkan produk dari panas dan sinar matahari langsung, serta menyimpannya di tempat yang kering.

7. Bedak

Bedak umumnya bisa digunakan hingga 2 tahun. Jamur dan bakteri tidak tumbuh pada produk kosmetik dengan kandungan air yang rendah ini. Namun, jika bedak mengandung SPF, segera ganti setelah 6 bulan pemakaian atau jika berbau.

Tips Menggunakan Kosmetik

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat menggunakan produk kosmetik jenis apa pun:

  • Membaca label, mengikuti petunjuk penggunaan, dan memperhatikan semua peringatan pada kemasan kosmetik, termasuk saat membeli make up share in a jar
  • Mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik
  • Menghindari berbagi kosmetik dengan orang lain
  • Menjaga wadah kosmetik tetap bersih, menutup rapat wadah saat tidak digunakan, dan menjauhkan wadah dari suhu ekstrem
  • Membuang kosmetik yang sudah berubah warna, tekstur, atau bau
  • Menggunakan kosmetik semprot atau aerosol di ruangan dengan ventilasi baik

Jika disimpan dengan baik dan benar, kosmetik bisa aman digunakan hingga tanggal kedaluwarsanya. Meski demikian, Anda perlu memperhatikan kembali tanggal kedaluwarsa kosmetik saat hendak menggunakannya, untuk mencegah masalah pada kulit.

Jika Anda mengalami gejala iritasi kulit, kulit gatal dan bengkak, kemerahan, atau mata gatal dan bengkak setelah menggunakan produk kosmetik tertentu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.