Masker mata kerap digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan di sekitar mata. Selain produk masker kemasan yang sudah siap pakai, Anda juga bisa membuat masker mata dari bahan-bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah.  

Kulit di sekitar mata merupakan bagian paling tipis dan sensitif. Hal ini membuatnya rentan mengalami berbagai masalah yang ditandai dengan munculnya kantung mata, lingkaran hitam, atau mata tampak bengkak.

4 Bahan untuk Membuat Masker Mata dengan Mudah dan Praktis - Alodokter

Kondisi ini umumnya terjadi akibat kurang tidur, paparan sinar matahari, pelebaran pembuluh darah, hingga hiperpigmentasi.

Berbagai Bahan untuk Membuat Masker Mata

Untuk mengatasi berbagai keluhan pada mata, Anda dapat membuat masker mata dari bahan-bahan berikut ini:

1. Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang paling banyak digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata maupun mata bengkak akibat kurang tidur. Hal ini karena kandungan air dan antioksidan pada mentimun dipercaya dapat melembapkan dan mengurangi bengkak pada mata.

Untuk mendapatkan manfaat masker mentimun ini, Anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun pada mata selama 10 menit, setidaknya 3 kali dalam sehari.

2. Es batu

Kompres dingin menggunakan es batu dipercaya dapat mengurangi bengkak dan menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Cara menggunakan es batu sebagai masker mata cukup mudah, yaitu dengan membungkus beberapa es batu dengan handuk bersih, lalu tempelkan pada kelopak mata.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan merendam handuk atau kain dengan air dingin, kemudian tempelkan handuk tersebut pada mata selama 20 menit.

3. Kantong teh

Jika Anda sering membuang kantong teh celup, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut mulai sekarang. Kantong teh celup dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan antioksidan dan kafein pada teh yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Beberapa jenis teh yang bisa digunakan untuk masker mata adalah teh hijau maupun teh hitam.

Penggunaan kantong teh sebagai masker mata juga cukup mudah dilakukan. Rendam dua kantong teh pada air hangat selama 5 menit dan simpan di lemari es selama 15 menit. Setelah dingin, tempelkan kantong teh di bagian luar mata sekitar 10–15 menit.

4. Minyak almond

Minyak almond diyakini dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dan mata bengkak. Manfaat ini berasal dari sifat antiradang dan kandungan antioksidan dalam almond.

Tak hanya itu, minyak almond juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K yang dapat menjaga kulit di bawah mata tetap halus dan mencegah terjadinya pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kelopak mata.

Berbagai masker mata dari bahan-bahan di atas dapat Anda gunakan sebelum tidur. Jangan lupa memberi pijatan lembut di area sekitar mata saat menggunakan masker tersebut. Anda bisa mengulangi perawatan dengan masker mata ini setiap malam sampai keluhan pada mata membaik.

Selain menggunakan masker mata, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mencukupi waktu istirahat selama 7–8 jam setiap malam, mengonsumsi buah dan sayuran, membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, serta menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Jika Anda sudah menggunakan masker mata dan melakukan tips di atas, tetapi keluhan yang Anda alami tidak membaik atau semakin memburuk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.