Orang dengan kepribadian ENTP dikenal sebagai pribadi yang inovatif, cerdas, dan kreatif. Ia juga dikenal memiliki semangat yang tinggi dalam berargumen, sehingga sering mendapat julukan ‘Si Pendebat’.

ENTP adalah singkatan dari extroverted, intuitive, thinking, perceiving. Kepribadian ini merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Mengenal Kepribadian ENTP, Ekstrovert yang Suka Berdebat - Alodokter

Tes MBTI dikembangkan oleh Isabel Myers dan ibunya, Katherine Briggs, pada tahun 1940-an. Secara umum, tes tersebut dapat menentukan apakah seseorang memiliki tipe kepribadian yang ekstrovert atau introvert. Tes tersebut kini bisa dilakukan secara online dan gratis di berbagai situs.

Ciri-Ciri Kepribadian ENTP

David Keirsey, seorang psikolog asal Amerika Serikat, menyebutkan bahwa sekitar 2–5 persen jumlah populasi manusia di dunia memiliki tipe kepribadian ENTP. Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang dengan kepribadian ENTP:

1. Suka bersosialisasi

Sebagai seorang ekstrovert, kepribadian ENTP senang berkomunikasi dan kurang nyaman jika sendirian dalam waktu lama.

Tak mengherankan jika mereka mudah bersosialisasi dan berinteraksi dalam berbagai lingkup sosial, seperti teman, keluarga, dan kolega kerja. Inilah yang membuat jejaring pertemanan mereka sangat luas.

2. Suka berdebat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kepribadian ENTP dijuluki sebagai pendebat, terutama soal isu-isu terkini.

Hal ini membuat gaya komunikasi mereka sering kali menantang lawan bicara, sehingga dapat memicu konflik jika mereka mendapat lawan bicara yang mudah tersinggung atau tidak tertarik untuk beradu argumen.

3. Kreatif

Orang dengan kepribadian ENTP juga sering kali memiliki ide-ide yang hebat dan kreatif. Namun, sayangnya, ide yang hebat ini sering kali tidak disertai dengan tindakan nyata. Hal ini membuat mereka terlihat menggebu-gebu di awal, tetapi tidak menyelesaikan ide tersebut hingga akhir.

4. Penyayang

Dalam hal hubungan asmara, orang ENTP terkenal sebagai pribadi yang mandiri. Mereka juga seorang penyayang, perhatian, hangat, dan mengerti keinginan pasangannya. Namun, pemilik kepribadian ENTP cenderung impulsif, termasuk saat membuat keputusan penting.

Selain keempat ciri di atas, ada beberapa ciri lain dari kepribadian ENTP, di antaranya:

  • Tertarik mempelajari dan menyerap hal-hal baru dengan cepat
  • Kurang menyukai rutinitas yang terjadwal
  • Tidak suka berada di bawah kendali orang lain
  • Sering merasa khawatir berlebihan dan menarik diri jika berada dalam kondisi stres
  • Perubahan emosi sering kali terkesan ekstrem

Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENTP

Kepribadian ENTP menyukai lingkungan kerja yang memberikan tantangan dan kebebasan berpikir. Mereka senang jika harus memberikan solusi atau ide kepada orang lain. Selain itu, kepribadian ENTP juga lebih menyukai teori dan hal-hal abstrak karena adanya unsur intuitif pada kepribadian mereka.

Bidang pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kepribadian ENTP adalah pebisnis, pengacara, jurnalis, dan psikolog.

Dari penjelasan di atas, apakah Anda menemukan kepribadian ENTP dalam diri Anda? Jika masih ragu, Anda dapat melakukan tes melalui situs resmi Myers-Briggs Type Indicator untuk hasil yang lebih akurat.

Tes MBTI memiliki banyak manfaat, mulai dari memahami diri sendiri dan orang lain, menemukan pola komunikasi yang tepat, hingga mengurangi konflik di lingkungan pekerjaan.

Akan tetapi, tes MBTI dinilai kurang valid untuk mendeskripsikan tipe kepribadian seseorang secara umum, terlebih pada orang yang memiliki gangguan kepribadian.

Oleh karena itu, untuk menilai kepribadian seseorang, masih diperlukan evaluasi secara langsung oleh psikolog. Jika ada pertanyaan seputar kepribadian ENTP atau tes MBTI, Anda dapat berkonsultasi ke psikolog untuk penjelasan lebih lanjut.