Bumil mungkin pernah mengalami mimpi aneh saat hamil. Hal unik ini sering kali dikaitkan dengan mitos tertentu yang belum tentu benar adanya. Namun, tahukah Bumil bahwa mimpi aneh saat hamil sebetulnya bisa diartikan secara psikologis?

Selama mengandung, bukan hanya kondisi fisik Bumil yang mengalami perubahan, melainkan juga pola tidur serta kondisi emosional dan psikologis. Percaya atau tidak, berbagai perubahan tersebut diduga turut berpengaruh dalam memunculkan fenomena mimpi aneh yang Bumil alami ketika tidur.

Mimpi Aneh Saat Hamil? Ini Artinya Secara Psikologis - Alodokter

Penyebab Sering Mimpi Aneh Saat Hamil

Ada beragam mitos atau takhayul yang dikaitkan dengan mimpi aneh saat hamil, namun hampi semua mitos tersebut tersebut tidak terbukti benar.

Hingga saat ini, penyebab terjadinya mimpi aneh saat hamil masih belum diketahui. Akan tetapi, ada beberapa hal yang diduga menjadi alasan mengapa Bumil bisa mengalami mimipi aneh, yaitu:

Perubahan hormon

Naiknya kadar hormon kehamilan bisa memengaruhi kondisi emosional dan suasana hati Bumil. Kondisi tersebut juga diketahui dapat memengaruhi kinerja otak Bumil dalam mengolah informasi serta mengatur mood dan emosi.

Semakin kuat emosi yang Bumil rasakan, kemungkinan untuk menghasilkan mimpi yang lebih intens dan jelas akan semakin tinggi.

Perubahan pola tidur

Selama mengandung, Bumil biasanya akan sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Ketika terbangun, Bumil bisa kembali tertidur, hanya saja kualitas tidur mungkin akan terasa berkurang dan tidur terasa kurang lelap. Hal ini diduga dapat menjadi alasan mengapa Bumil bisa sering mengalami mimpi aneh saat hamil.

Tak hanya itu, selama hamil, Bumil pasti cenderung cepat lelah. Akibatnya, Bumil membutuhkan istirahat dan tidur yang lebih banyak dan lebih lama. Semakin sering Bumil tidur, semakin besar pula kemungkinan Bumil untuk sering bermimpi.

Banyak pikiran

Wajar saja bila Bumil banyak memikirkan segala hal selama hamil, mulai dari kondisi janin hingga persiapan menjelang persalinan. Berbagai pikiran tersebut bisa saja terbawa hingga ke dalam mimpi Bumil.

Makna Mimpi Aneh Saat Hamil

Dari sisi psikologis, mimpi aneh yang Bumil alami di setiap trimester mungkin memiliki makna atau arti tertentu, yaitu:

Mimpi aneh di kehamilan trimester pertama

Mimpi pada periode awal atau trimester pertama kehamilan cenderung diartikan sebagai keresahan terhadap perubahan tubuh atau kecemasan Bumil untuk menjadi seorang ibu.

Berikut ini adalah beberapa mimpi aneh saat hamil yang umumnya terjadi pada trimester pertama beserta maknanya secara psikologis:

  • Mimpi taman, buah, atau bunga menggambarkan tubuh yang sedang subur.
  • Mimpi air berarti rahim Bumil sedang mengumpulkan air ketuban.
  • Mimpi mengendarai kendaraan memiliki makna Bumil sedang memasuki tahap kehidupan baru.
  • Mimpi melahirkan anak yang sudah tumbuh dewasa diartikan bahwa Bumil secara tidak sadar merasa gelisah terhadap proses persalinan.

Mimpi aneh di kehamilan trimester kedua

Pada kehamilan trimester kedua, tema mimpi mulai berubah. Biasanya, mimpi yang dialami Bumil selama periode pertengahan kehamilan berfokus pada hubungan Bumil dengan calon anak dan pasangan.

Pada masa kehamilan ini, Bumil mungkin akan mengalami beberapa mimpi berikut ini:

  • Mimpi binatang menunjukkan simbol hubungan antara Bumil dan janin dalam kandungan.
  • Mimpi suami membawa banyak tas atau tas yang berat menggambarkan tanggung jawab secara ekonomi seiring hadirnya Si Kecil.
  • Mimpi bercumbu dengan mantan kekasih bermakna cemas akan penampilan fisik yang sedang berbadan dua, bukan berarti Bumil masih mencintai mantan.

Mimpi aneh di kehamilan trimester ketiga

Berikut ini beberapa mimpi aneh yang mungkin Bumil alami selama kehamilan trimester ketiga:

  • Mimpi jenis kelamin bayi atau bayi bisa bicara dipengaruhi oleh pikiran Bumil yang sibuk mencari nama bayi atau penasaran dengan jenis kelaminnya.
  • Mimpi melakukan perjalanan atau berkemas menunjukkan kecemasan dalam menghadapi proses persalinan hingga kekhawatiran Bumil apakah bisa menjadi ibu yang baik.
  • Mimpi bayi sudah lahir namun masuk kembali ke dalam rahim mungkin menandakan kekhawatiran Bumil akan kondisi janin dan harapan Bumil agar janin dapat terlahir dengan kondisi sehat.

Cara Mengatasi Mimpi Aneh Saat Hamil

Bumil sebenarnya tidak perlu khawatir bila mengalami mimpi aneh saat hamil. Namun, jika hal ini justru menambah beban pikiran, Bumil bisa meluapkan keresahan pada pasangan, keluarga, teman dekat, atau bantuan pada ahli seperti dokter atau psikolog.

Dengan demikian, Bumil mungkin bisa lebih tenang dan frekuensi mimpi aneh dapat berkurang. Selain itu, Bumil juga dapat mencoba melakukan beberapa tips berikut ini agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas:

  • Hindari banyak minum air putih sebelum tidur agar tidak sering terbangun untuk buang air kecil.
  • Matikan semua alat elektronik agar tidur Bumil tidak terganggu.
  • Atur suhu kamar hingga Bumil merasa nyaman.
  • Hindari terlalu lama tidur siang.
  • Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti membaca buku, mandi air hangat, mendengarkan musik, atau menarik napas dalam-dalam.

Untuk memantau kondisi kesehatan Bumil dan janin selama kehamilan, Bumil juga perlu rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan sesuai jadwal. Saat berkonsultasi ke dokter, Bumil bisa meminta beberapa tips agar tidur Bumil lebih nyenyak dan mencegah kembalinya mimpi aneh saat hamil.