Batuk berdahak bisa sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda bisa memilih obat batuk berdahak, baik yang terbuat dari bahan alami maupun obat medis dengan atau tanpa resep dokter.

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang terjadi ketika terdapat banyak lendir atau dahak pada saluran pernapasan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan.

Bijak Memilih Jenis Obat Batuk Berdahak Alami dan Medis - Alodokter

Selain karena virus atau bakteri, batuk berdahak juga bisa menjadi gejala dari gangguan medis yang lebih serius, seperti asma, tuberkulosis, pneumonia, dan bronkitis.

Ketika mengalami batuk berdahak, Anda mungkin merasakan ada lendir yang tersangkut di tenggorokan dan membuat Anda sulit bernapas. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan Anda saat beraktivitas.

Jenis Obat Batuk Berdahak Alami

Sebagai langkah penanganan awal, Anda dapat menggunakan obat batuk berdahak yang mudah ditemukan di rumah, antara lain:

1. Air putih

Air putih merupakan salah satu obat batuk berdahak yang paling mudah didapat dan dikonsumsi setiap saat. Ketika minum air putih, dahak di dalam saluran pernapasan akan menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, air putih juga berperan dalam menjaga kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi dan iritasi pada saluran pernapasan dengan menjaga kelembapannya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan minum air putih minimal 8 gelas per hari.

2. Air garam

Berkumur dengan larutan air garam juga merupakan cara yang mudah untuk mengobati batuk berdahak. Untuk membuat larutan garam, Anda bisa mencampur setengah sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat.

Selanjutnya, Anda bisa berkumur dengan larutan garam selama 30 detik lalu keluarkan larutan garam tersebut. Anda bisa mengulanginya sesuai kebutuhan.

3. Nanas

Kandungan bromelain di dalam nanas dipercaya dapat menjadi obat batuk, termasuk batuk berdahak. Hal ini didukung dengan suatu studi yang menunjukkan bahwa kandungan bromelain dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak di tenggorokan.

Sebagai obat batuk berdahak, Anda bisa makan buah nanas secara langsung setelah dibersihkan dan dipotong-potong atau membuatnya menjadi jus.

4. Madu

Madu dipercaya efektif dalam mengencerkan dahak, sehingga bisa meredakan batuk. Selain itu, madu memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat mengurangi iritasi pada saluran pernapasan yang dapat meringankan batuk.

Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan madu sebagai obat batuk berdahak pada anak-anak di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan keracunan.

5. Daun mint

Obat batuk berdahak lain yang dapat Anda gunakan adalah daun mint. Daun mint memiliki kandungan mentol yang dapat membantu mengencerkan lendir atau dahak di tenggorokan.

Manfaat daun mint tersebut bisa Anda peroleh dengan cara minum teh daun mint yang bisa dibeli secara bebas atau menambahkan beberapa daun mint segar ke dalam air hangat, lalu menghirup uapnya.

Pilihan Obat Batuk Berdahak Medis

Jika obat alami tidak dapat meredakan batuk berdahak, Anda bisa beralih menggunakan obat medis. Berikut ini adalah beberapa obat medis yang bisa digunakan untuk meredakan batuk berdahak:

Mukolitik dan ekspektoran

Obat golongan mukolitik dan ekspektoran berfungsi mengencerkan dahak yang berada di saluran pernapasan. Obat golongan ini akan membuat dahak mudah dikeluarkan, sehingga saluran pernapasan akan terasa lebih lega. Obat jenis ini banyak dijual bebas di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Antihistamin

Bila batuk berdahak yang Anda alami akibat reaksi alergi, dokter umumnya akan meresepkan obat antihistamin. Obat antihistamin bekerja dengan cara menghambat kerja histamin dalam tubuh yang muncul ketika reaksi alergi menyebabkan jaringan di hidung mengalami pembengkakan dan melepaskan lendir berlebih.

Antibiotik

Antibiotik digunakan untuk mengobati batuk berdahak akibat infeksi bakteri, yang dapat ditandai dengan keluarnya dahak berwarna hijau atau kekuningan. Obat jenis ini harus dibeli dengan resep dokter dan digunakan sesuai anjuran dokter.

Selain menggunakan obat batuk berdahak di atas, Anda dapat membantu proses pemulihan dengan makan buah mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mandi air hangat, dan mencukupi waktu istirahat.

Jika obat batuk berdahak alami maupun medis di atas tetap tidak mampu mengatasi keluhan batuk berdahak atau kondisi Anda tidak kunjung sembuh yang disertai gejala sesak napas, penurunan berat badan, dan berkeringat pada malam hari, segera periksakan diri ke dokter.