Akhir-akhir ini, obat kumur dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya, obat kumur jenis ini bukan hanya efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, tapi juga dipercaya mampu melawan COVID-19. 

Obat kumur adalah cairan yang digunakan untuk membersihkan dan membilas gigi, gusi, dan mulut. Secara umum, penggunaan obat kumur bermanfaat untuk membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut serta beragam masalah pada gigi dan gusi.

Obat Kumur CPC dan Manfaatnya untuk Melawan COVID-19 - Alodokter

Ada banyak jenis obat kumur yang dijual bebas, dan saat ini sudah tersedia obat kumur dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC). Obat kumur ini dinilai efektif dalam menghambat pertumbuhan kuman, bakteri, dan virus di dalam mulut dalam waktu 30 detik. Bahkan, obat kumur CPC diklaim dapat mencegah penularan virus Corona penyebab COVID-19.

Perbedaan Obat Kumur CPC dan Obat Kumur Lain

Perbedaan utama obat kumur CPC dan obat kumur lainnya terletak pada kandungan bahan aktif di dalamnya.

Umumnya, obat kumur mengandung bahan-bahan antiseptik, seperti alkohol atau minyak esensial. Sementara obat kumur dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) dilengkapi berbagai bahan surfaktan antimikroba.

Penelitian menyebutkan, obat kumur CPC mampu menghambat pertumbuhan kuman, bakteri, dan virus penyebab berbagai masalah gigi dan mulut secara efektif. Masalah gigi dan mulut tersebut antara lain bau mulut, gigi berlubang, plak dan karang gigi, gusi surut (receeding gum), dan gusi berdarah.

Selain itu, tidak seperti obat kumur jenis lain, kebanyakan obat kumur CPC tidak mengandung alkohol sehingga tidak menimbulkan sensasi pedas dan terbakar di mulut.

Oleh sebab itu, berkumur dengan obat kumur CPC akan terasa lebih nyaman karena tidak meninggalkan rasa pedas atau perih, tidak mengiritasi mulut, dan tidak mengikis lapisan pelindung atau email gigi.

Manfaat Obat Kumur CPC untuk Melawan COVID-19

Untuk mencegah penularan virus Corona, penting bagi semua orang untuk menjalani protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat (PHBS), di antaranya adalah dengan rutin cuci tangan menggunakan air dan sabun, serta menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Alasannya, kesehatan gigi dan mulut berpengaruh sangat besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Orang yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut bahkan disebut lebih berisiko terinfeksi virus Corona.

Ini karena penyakit gigi dan mulut bisa secara langsung maupun tidak langsung melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, virus penyebab COVID-19 tersebut juga bisa bersarang di dalam mulut dan menyebar melalui tetesan air liur.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut di masa pandemi COVID-19 adalah dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan berkumur menggunakan obat kumur CPC.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, obat kumur CPC memiliki efektivitas yang baik dalam menghambat pertumbuhan kuman, bakteri, dan virus. Kandungan ini bekerja dengan cara menghancurkan selubung lipid virus dan mencegahnya berkembang.

Dengan begitu, kamu bisa bisa terhindar dari berbagai penyakit gigi dan mulut yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhmu.

Agar manfaat obat kumur CPC bisa kamu dapatkan secara maksimal, kamu perlu menggunakannya dengan benar. Sebelum berkumur, sikatlah gigi terlebih dahulu dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Setelah itu, gunakan obat kumur CPC sesuai takaran yang tertera pada label di kemasan produk tersebut. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik, kemudian buang obat kumur dari mulut.

Selain menjaga kebersihan mulut, untuk mengindari infeksi virus Corona, kamu tetap perlu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku, ya. Caranya adalah dengan memakai masker saat bepergian atau bertemu orang lain, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan menghindari keramaian.

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait penyakit COVID-19 maupun cara mencegahnya, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter menggunakan fitur chat di aplikasi ALODOKTER.