Obat mata merah untuk anak merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala atau pun ketidaknyamanan akibat mata merah pada anak. Obat-obatan tersebut terdiri dari obat antibiotik, antihistamin, dan juga air mata buatan.

Mata merah merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kondisi mata yang mengalami kemerahan dan iritasi. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Gejala mata merah pada anak biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, infeksi, dan mata kering.

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Namun, pada banyak kasus, gejala mata merah pada anak bukanlah kondisi yang berbahaya. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis obat mata merah untuk anak yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek. 

Pilihan Obat Mata Merah untuk Anak yang Tersedia di Apotek 

Obat mata merah untuk anak terdiri dari beberapa jenis, yaitu antibiotik, antihistamin, dan air mata buatan. Secara umum, obat-obatan tersebut bekerja untuk mengatasi iritasi dan mata kering penyebab mata merah pada anak. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat mata merah untuk anak yang tersedia di apotek:

1. Insto Moist 7,5 ml

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp18,200 per botol
Beli Insto Moist 7,5 ml di Aloshop

Jika mata merah pada anak disebabkan oleh kondisi mata kering, maka Insto Moist dapat menjadi solusinya. Obat tetes mata ini mengandung hydroxypropyl, methylcellulose (hypromellose), dan benzalkonium chloride yang dapat memberikan efek pelumas seperti air mata, sehingga dapat mencegah dan mengatasi mata kering.

Obat ini dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Aturan penggunaannya pun juga cukup mudah, Bunda hanya perlu meneteskan Insto Moist pada mata anak sebanyak 1–2 tetes, sebanyak 3 kali sehari.

2. Molcin Eye Drop 3 ml

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp142.903 per botol
Beli Molcin Eye Drop 3 ml di Aloshop

Molcin Eye Drop merupakan salah satu pilihan obat mata merah untuk anak yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala mata merah, belekan, dan mata berair akibat infeksi bakteri (konjungtivitis). Kandungan moxifloxacin pada Molcin Eye Drop dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. 

Namun, untuk menggunakan obat tetes mata yang satu ini, Bunda perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, Molcin Eye Drop hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter. 

Untuk aturan pakainya sendiri, biasanya obat ini digunakan 3 hari sekali sebanyak 1 tetes selama 7–14 hari. Aturan pakai tersebut dapat disesuaikan dokter dengan kondisi pasien.

3. Lergio Eye Drop 5 ml

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp126,896 per botol
Beli Lergio Eye Drop 5 ml di Aloshop

Lergio Eye Drop merupakan obat antihistamin yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi pada mata anak. Obat ini cocok digunakan untuk mata merah, gatal, iritasi mata, dan mata berair. 

Manfaat Lergio Eye Drop untuk mengatasi gejala mata alergi tak lepas dari kandungan olopatadine di dalamnya. Kandungan tersebut bekerja dengan cara mencegah efek histamin yang diproduksi oleh sel-sel mata sebagai reaksi terhadap alergi.

Lergio Eye Drop dapat dibeli di apotek dengan menggunakan resep dokter. Oleh sebab itu, Bunda harus memeriksakan Si Kecil ke dokter agar bisa membeli obat mata merah untuk anak yang satu ini. Untuk penggunaannya, berikan Lergio Eye Drop sebanyak 1 tetes pada mata anak yang mengalami kemerahan setiap 2 kali sehari dengan rentang waktu 6–8 jam.

4. Sanbe Tears Tetes Mata 8 ml

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp40.685 per botol
Beli Sanbe Tears Tetes Mata 8 ml di Aloshop

Sanbe Tears adalah obat tetes mata yang digunakan untuk mengurangi iritasi dan mata kering. Dengan kandungan dextran-70 dan hypromellose di dalamnya, obat ini dapat membantu melembabkan dan melumasi mata. Hal ini efektif untuk meredakan mata merah yang disebabkan oleh kekeringan mata pada anak.

Obat mata merah untuk anak ini bisa didapatkan dengan mudah tanpa resep dokter. Untuk menggunakannya, Bunda dapat memberikan obat ini kepada anak sebanyak 1 tetes setiap 3–4 kali sehari.

5. Azithromycin 500 mg 3 Tablet Novell

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp23,464 per STRIP
Beli Azithromycin 500 mg 3 Tablet Novell di Aloshop

Azithromycin Tablet Novell merupakan salah satu pilihan obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi gejala mata merah akibat infeksi bakteri. Terkadang, obat ini juga digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada bagian lain di tubuh, seperti di saluran pernapasan, kulit, dan kelamin. 

Kandungan azithromycin pada Azithromycin Tablet Novell sangat efektif untuk menghentikan pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada mata. 

Jika ingin menggunakan Azithromycin Tablet Novell, Bunda perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter guna mendapatkan resep obat. Obat yang tersedia dalam bentuk tablet ini cukup mudah digunakan, biasanya azithromycin hanya dikonsumsi sebanyak 1 kali sehari selama 3 hari. 

Namun, aturan pakai tersebut bisa saja berbeda pada setiap orang, tergantung umur dan kondisinya.

6. Tosma Sirup 60 ml

6 Obat Mata Merah untuk Anak yang Aman dan Efektif - Alodokter

Harga: Rp81,312 per botol
Beli Tosma Sirup 60 ml di Aloshop

Obat mata merah untuk anak bisa dengan konsumsi obat sirup, seperti Tosma Sirup. Obat ini umumnya direkomendasikan untuk mengatasi mata merah pada anak yang disebabkan oleh alergi. Tosma Sirup mengandung ketotifen yang bekerja dengan cara memblokir zat yang memicu reaksi alergi pada mata.

Penggunaan obat sirup ini tentunya akan lebih mudah diberikan kepada anak-anak. Namun, Tosma Sirup hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Soalnya, obat ini tergolong obat keras yang penggunaanya harus dilakukan di bawah anjuran dokter. 

Biasanya, obat mata merah untuk anak ini disarankan untuk dikonsumsi setelah makan, sebanyak 5 ml setiap 2 kali sehari. 

Selain dengan menggunakan obat-obatan, keluhan mata merah pada anak juga bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti melakukan kompres dingin pada mata, membersihkan area mata dengan air hangat, dan meminta anak untuk beristirahat.

Namun, jika keluhan ini tidak kunjung membaik dalam waktu 2–3 hari setelah mengonsumsi obat mata merah untuk anak, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi pada perawatan mata anak dan memberikan saran pengobatan lain bila diperlukan.