Obat sakit kaki bisa digunakan untuk mengatasi keluhan di area kaki. Obat ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi serta menghilangkan kekakuan pada kaki.

Sakit kaki dapat disebabkan oleh cedera, penuaan, penggunaan sepatu yang tidak pas, atau kondisi medis tertentu, seperti obesitas, osteoartritis, dan Morton's neuroma. Beberapa penyebab sakit kaki bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Namun, sebagian penyebab lainnya dapat semakin memburuk saat dibiarkan sehingga diperlukan pengobatan yang sesuai, seperti konsumsi obat-obatan. Obat sakit kaki ini tergolong ampuh untuk meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat sakit kaki. 

Rekomendasi Obat Sakit Kaki yang Efektif

Ada banyak obat sakit kaki yang tersedia di pasaran, mulai dari obat oles hingga tablet. Obat-obatan ini umumnya mengandung paracetamol dan obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Berikut ini adalah beberapa obat sakit kaki yang bisa Anda pilih:

Voltaren Emulgel 20 gr

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp132.695 per tube
Beli Voltaren di Aloshop

Voltaren adalah obat nyeri sendi dan otot berbentuk gel yang bermanfaat untuk meredakan peradangan. Obat ini memiliki kandungan sodium diklofenak yang termasuk ke dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid. Kandungan tersebut mampu bekerja dengan cara menghambat produksi zat penyebab peradangan, yaitu prostaglandin.

Voltaren bisa didapatkan dengan resep dokter dan hanya bisa digunakan oleh orang dewasa. Obat ini dapat digunakan dengan cara mengoleskan secukupnya pada area kaki yang sakit setiap 3–4 kali sehari.

Counterpain Cool Gel

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp54.481 per tube
Beli Counterpain Cool Gel di Aloshop

Counterpain bisa dijadikan sebagai obat nyeri kaki akibat keseleo, cedera, dan radang sendi. Obat ini bekerja dengan cara menimbulkan sensasi dingin berkat kandungan mentol di dalamnya. Dengan begitu, nyeri dan kekakuan pada kaki bisa meredakan. 

Counterpain dapat digunakan oleh dewasa dan anak di atas 2 tahun. Obat ini dijual bebas dan bisa didapatkan di apotek tanpa memerlukan resep dari dokter. Cara menggunakannya hanya dioles setiap 3–4 kali sehari pada area kaki yang sakit.

Hotin DCL Emulsi Gel 120 gr

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp39.500 per tube
Beli Hotin DCL Emulsi Gel 120 gr di Aloshop

Hotin DCL merupakan obat berbentuk gel yang bermanfaat untuk meredakan sakit kaki akibat peradangan otot. Obat ini mengandung diclofenac yang bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin.

Hotin DCL hanya bisa digunakan oleh orang dewasa dan bisa didapatkan di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Obat ini bisa digunakan setiap 3–4 kali sehari pada area kaki yang nyeri. Pastikan Anda membaca aturan pakai yang tertera di dalam kemasan dan ikuti arahan dari dokter saat menggunakan obat ini.

Salonpas Krim

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp26.139 per tube
Beli Salonpas Krim di Aloshop

Salonpas Krim bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi pada kaki. Obat ini mengandung metil salisilat dan mentol yang bekerja dengan cara menimbulkan sensasi dingin pada kulit yang diikuti rasa hangat setelahnya. Sesasi ini membuat rasa sakit kaki teralihkan dan lambat laun mereda.

Salonpas Krim bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Penggunaannya juga tergolong aman bagi orang dewasa maupun anak-anak. Untuk meredakan nyeri kaki, gunakan Salonpas Krim dapay  3–4 kali sehari atau sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan.

Koyo Cabe 10 Plester

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp19.635 per sachet
Beli Koyo Cabe di Aloshop

Koyo Cabe mengandung capsaicin yang menimbulkan sensasi panas pada kulit ketika ditempelkan. Sensasi panas ini membantu mengalihkan perhatian dari rasa nyeri dan mengurangi persepsi nyeri dengan menghambat kerja sel perangsang nyeri.

Koyo Cabe dijual bebas di pasaran tanpa resep dokter. Sebelum menggunakan Koyo Cabe, pastikan area kulit yang akan ditempeli koyo bersih dan kering. Kemudian, lepaskan koyo dari pelindungnya dan tempelkan pada area kaki yang nyeri. Tekan perlahan agar koyo menempel dengan baik.

Viostin

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp243.464 per box
Beli Viostin di Aloshop

Viostin adalah obat yang digunakan untuk mendukung kesehatan sendi dan tulang. Berkat kombinasi glucosamine dan chondroitin di dalamnya, obat ini bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan tulang rawan di persendian.

Viostin bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa resep dokter. Namun, Viostin hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan umumnya diminum 1 kali sehari sebanyak 2–3 kaplet. 

Neo Rheumacyl 20 Tablet

7 Obat Sakit Kaki yang Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp17.070 per blister
Beli Neo Rheumacyl 20 Tablet di Aloshop

Neo Rheumacyl dapat digunakan sebagai obat sakit kaki karena mengandung ibuprofen dan paracetamol di dalamnya. Berkat kedua kombinasi kandungan tersebut, obat ini mampu bekerja dengan cara mengurangi nyeri yang dirasakan oleh tubuh. 

Neo Rheumacyl bisa dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Obat ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis 1 tablet, 3–4 kali sehari setelah makan.

Selain menggunakan obat sakit kaki di atas, Anda juga bisa mengompres kaki menggunakan air dingin, melakukan peregangan otot, dan istirahat yang cukup agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan optimal.

Jika setelah menggunakan obat sakit kaki tetapi nyeri tidak mereda atau disertai dengan gejala infeksi, seperti demam, bengkak dan kemerahan pada kaki, sebaiknya periksakan ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.