Oxytetracycline adalah obat antibiotik untuk mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri, jerawat, dan rosacea. Obat ini termasuk ke dalam golongan antibiotik tetrasiklin.

Oxytetracycline bekerja dengan cara menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi di dalam tubuh. Perlu diketahui, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati peyakit akibat infeksi virus, seperti flu. Oxytetracycline ini hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter.

alodokter-oxytetracycline

Merek dagang oxytetracycline: Oxytetracycline, Oxybiotic, Sancortmycin, Terra – Cortril, Terramycin

Apa Itu Oxytetracycline

Golongan Obat resep
Kategori Antibiotik tetrasiklin
Manfaat Mengatasi infeksi bakteri
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Oxytetracycline untuk ibu hamil dan menyusui Kategori D: Ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar dari risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.

Oxytetracycline dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Salep, salep mata, dan suntik

Peringatan Sebelum Menggunakan Oxytetracycline

Oxytetracycline tidak boleh digunakan sembarangan. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan oxytetracycline:

  • Jangan menggunakan oxytertracycline jika Anda alergi terhadap obat ini atau obat golongan tetracycline.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat retinoid atau penisilin.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang mengalami porfiria, penyakit hati, lupus, penyakit ginjal, intoleransi laktosa, pankreatitis, atau myasthenia gravis.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen atau produk herbal.
  • Hindari berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari karena oxytetracycline dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap sinar matahari. Gunakan pakaian yang menutup seluruh tubuh, kacamata, dan tabir surya, saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami overdosis, reaksi alergi obat, atau efek samping yang lebih serius setelah menggunakan oxytetracycline.

Dosis dan Aturan Pakai Oxytetracycline

Dosis oxytetracycline berbeda-beda pada tiap pasien. Dokter akan memberikan dosis dan menentukan lama pengobatan sesuai dengan kondisi dan usia pasien. Berikut adalah pembagian dosis oxytetracycline berdasarkan bentuk obat dan kondisi yang dialami pasien:

  • Oxytetracycline salep mata
    Untuk mengatasi konjungtivitis, oleskan salep mata pada konjungtiva di kelopak mata bagian bawah (kantung mata) sebanyak 2–4 kali sehari.
  • Oxytetracycline salep
    Untuk mengatasi infeksi kulit, oleskan salep pada kulit yang terinfeksi sebanyak 4 kali sehari.

Oxytetracycline juga tersedia dalam bentuk sediaan suntik. Obat ini bisa diberikan pada pasien dengan kondisi yang rentan mengalami infeksi bakteri. Dosis oxytetracycline suntik akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan pemberiannya akan langsung dilakukan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter.

Cara Menggunakan Oxytetracycline dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum menggunakan oxytetracycline. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Gunakan oxytetracycline pada waktu yang sama untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan oxytetracycline salep atau salep mata.

Cara menggunakan oxytetracycline salep mata adalah dengan menarik bagian bawah kelopak mata, kemudian mengoleskan obat pada bagian dalam kantung mata secara perlahan. Setelah itu, tutup mata selama 1–2 menit. Jangan menyentuh area mata dan obat agar pengobatan tidak terkontaminasi bakteri.

Oxytetracycline suntik hanya boleh diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Dokter akan menyuntikkan oxytetracycline sesuai kondisi pasien.

Simpan oxytetracycline di dalam tempat penyimpanan yang tertutup rapat dan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpan pada suhu ruangan, terhindar dari paparan sinar matahari, dan tempat yang lembap.

Interaksi Oxytetracycline dengan Obat Lain

Berikut ini adalah interaksi yang dapat terjadi apabila menggunakan oxytetracycline bersamaan dengan obat lain:

  • Penurunan efektivitas obat dari obat antikoagulan
  • Peningkatan risiko terjadinya gangguan fungsi ginjal jika digunakan bersama obat diuretik
  • Peningkatan risiko terjadinya benign intracranial hypertension jika digunakan bersama obat retinoid
  • Penurunan efektivitas oxytetracycline jika digunakan bersama obat antasida, zat besi, serta obat-obatan yang mengandung aluminium, kalsium, magnesium, atau zinc
  • Peningkatan kadar lithium, digoxin, atau teofilin di dalam darah
  • Penurunan efektivitas atovaquone dalam darah
  • Peningkatan risiko terjadinya keracunan ergotamin (ergotismus) jika digunakan dengan ergotamine
  • Penurunan efektivitas pil KB

Efek Samping dan Bahaya Oxytetracycline

Efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumi oxytetracycline adalah:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping di atas tidak kunjung mereda. Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat yang bisa ditandai dengan munculnya ruam yang gatal dan bengkak, mata dan bibir yang membengkak, atau kesulitan bernapas.

Selain itu, Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami efek samping yang lebih serius, seperti: