Kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses sebuah hubungan. Tanpa rasa saling percaya yang kuat, hubungan yang dijalani pun tidak akan terasa nyaman, bahkan rentan mengalami perpisahan. Maka, penting bagi kamu dan pasanganmu untuk tahu cara membangun kepercayaan dalam hubungan.

Rasa percaya termasuk ke dalam kebutuhan emosional dasar manusia yang harus terpenuhi. Saat kamu percaya pada seseorang, ini artinya, kamu yakin bahwa orang tersebut bisa membuatmu merasa aman, baik secara fisik maupun emosional.

Penting Diketahui, Ini Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan - Alodokter

Rasa percaya yang kuat bisa membawa beragam manfaat bagi hubungan, seperti mengurangi konflik dan mendukung hubungan yang positif. Sebaliknya, hubungan yang tidak didasari rasa percaya akan lebih rentan mengalami masalah, bahkan dapat menyebabkan rasa insecure hingga gangguan mental, seperti depresi.

Tanda Kepercayaan dalam Hubungan

Dalam hubungan cinta atau romantis, kepercayaan bisa dikenali dengan beragam tanda, antara lain:

  • Merasa aman dengan pasangan, baik secara fisik maupun emosional
  • Merasa berkomitmen dengan hubungan dan pasangan
  • Merasa tidak perlu menyembunyikan sesuatu dari pasangan
  • Saling mendukung satu sama lain
  • Saling menghormati dan menghargai satu sama lain

Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

Kepercayaan bukan suatu hal yang bisa muncul dengan sendirinya, melainkan harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubunganmu dengan pasangan:

1. Tepati setiap perkataan yang terucap

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubunganmu adalah dengan selalu menepati setiap perkataan atau janji yang kamu ucapkan. Sebaliknya, hindari mengucapkan hal-hal yang sebenarnya tidak kamu rasakan, tidak bisa, atau bahkan tidak ingin kamu lakukan.

Bila kamu terus menepati perkataanmu, seiring waktu, pasanganmu pasti akan menganggapmu sebagai seseorang yang bisa ia percaya.

2. Bersikap jujur setiap waktu

Untuk membangun rasa percaya antara kamu dan pasangan, kalian berdua juga harus sama-sama berusaha untuk selalu bersikap jujur mengenai semua hal. Jadi, pastikan setiap hal yang kamu ucapkan merupakan kebenaran, ya.

Ingat, sekecil apa pun kebohongan, itu tetap bisa menyebabkan berkurangnya kepercayaan dalam hubungan kalian berdua, lho.

3. Terbuka akan kelemahan masing-masing

Berani terbuka akan kelemahan dan kekurangan diri memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun rasa percaya dalam hubungan, lho.

Pasalnya, saat kamu dan pasanganmu belum mengetahui kelemahan masing-masing, ini artinya, kalian berdua memiliki kesempatan yang sama untuk menyakiti atau mengecewakan satu sama lain. Nah, untuk mencegah hal ini, terbukalah dengan pasanganmu, sehingga kepercayaan dalam hubungan bisa terbangun.

4. Perbaiki kesalahan yang dibuat

Kita semua pasti sudah tahu bahwa tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Oleh sebab itu, jika kamu melakukan suatu kesalahan, cobalah untuk jujur dan akui kesalahan tersebut.

Kemudian, usahakanlah untuk memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan dengan tidak mengulanginya di masa depan. Dengan begitu, kepercayaan dalam hubunganmu dengan pasangan bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

5. Komunikasikan setiap masalah

Selalu mengomunikasikan setiap masalah yang ada secara terbuka juga merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan dalam hubungan.

Pasalnya, dengan komunikasi yang baik, kamu dan pasangan bisa mengetahui keinginan dan harapan masing-masing, tanpa perlu menebak-nebak yang justru bisa mengikis rasa saling percaya. Dengan begitu, kamu dan pasangan pun bisa merasa lebih dekat, sehingga rasa percaya satu sama lain juga akan meningkat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubunganmu dengan pasangan. Jika kamu memiliki masalah kepercayaan pada hubungan yang tampaknya sulit untuk diatasi, jangan ragu untuk meminta bantuan psikolog, ya.