Perkembangan janin 4 bulan terjadi cukup pesat. Di usia ini, janin sudah bisa melakukan gerakan kecil dan mengenali suara dari luar rahim. Selain itu, saat usia kandungan sudah mencapai 4 bulan, jenis kelamin janin pun sudah bisa terlihat melalui USG.

Usia janin 4 bulan menjadi tanda bahwa kehamilan mulai memasuki trimester kedua. Di usia ini, ukuran janin sudah sebesar buah alpukat dengan panjang tubuh sekitar 20 cm dan berat kira-kira 150 gram.

Perkembangan Janin 4 Bulan, Mulai Bisa Mengenali Suara dari Luar Rahim - Alodokter

Selain dari ukuran dan berat tubuh, Bumil juga bisa mengetahui berbagai perkembangan janin 4 bulan lainnya, termasuk pertumbuhan tulang dan alat kelamin, serta kemampuan janin bergerak di dalam rahim.

Berbagai Perkembangan Janin 4 Bulan

Ada banyak hal yang terjadi pada janin di awal trimester kedua kehamilan ini. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini adalah berbagai perkembangan janin 4 bulan yang terjadi di rahim Bumil:

1. Rambut halus mulai tumbuh

Saat janin mencapai usia 4 bulan, kulitnya mulai ditumbuhi oleh rambut-rambut halus atau lanugo. Keberadaan rambut halus ini berfungsi untuk menghangatkan janin sekaligus melindunginya dari kuman dan air ketuban. Rambut halus sebagai ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika bayi dilahirkan.

2. Alat kelamin terus berkembang

Memasuki trimester kedua kehamilan, penis dan testis pada janin laki-laki sudah terbentuk dan akan terus berkembang. Perkembangan janin 4 bulan tersebut akan berlanjut hingga nantinya testis turun ke kantong zakar ketika janin akan dilahirkan. Sementara pada janin perempuan, klitorisnya akan makin terbentuk.

Pada usia kehamilan ini, Bumil sebenarnya sudah bisa melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui jenis kelamin janin. Namun, untuk hasil yang lebih akurat, dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan tes tersebut di bulan kelima kehamilan.

3. Mulai bisa mengenali suara dari luar rahim

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, janin 4 bulan sudah bisa mendengar suara dari luar rahim, misalnya suara detak jantung atau perut Bumil. Ia bahkan sudah bisa mengenali suara Bumil saat berbicara meskipun suara tersebut masih terdengar samar-samar.

Perkembangan janin 4 bulan yang satu ini dapat terjadi karena telinga janin sudah berkembang dan kemampuannya untuk mendengar sudah meningkat. Oleh sebab itu, jika ingin merangsang janin dengan mengajaknya bicara, Bumil bisa mulai melakukannya di usia kehamilan ini.

4. Tulang mulai mengeras

Beberapa tulang janin, seperti tulang tengkorak, tulang belakang, tulang bahu, serta tulang tangan dan kaki, akan mulai mengeras di usia kehamilan 4 bulan. Perkembangan ini membuat kerangka janin makin terbentuk dan postur tubuhnya menjadi lebih tegak.

Namun, tulang tengkorak janin umumnya belum menyatu sepenuhnya, sehingga ubun-ubunnya akan tetap terasa lunak sampai setelah janin dilahirkan. Hal ini bertujuan agar janin lebih mudah dilahirkan.

5. Pola sidik jari mulai terbentuk

Terbentuknya pola sidik jari juga termasuk dalam perkembangan janin 4 bulan. Hal ini membuat jari-jari mungil janin memiliki pola yang unik. Perkembangan pola sidik jari biasanya akan berlangsung hingga bulan kelima kehamilan di mana sidik jari janin sudah terbentuk dengan sempurna.

6. Mulai bisa menelan air ketuban

Di rahim, janin akan mengapung di dalam air ketuban. Air ketuban sendiri merupakan cairan yang berfungsi untuk melindungi janin dari berbagai benturan. Tak hanya itu, air ketuban juga dapat menjadi sumber nutrisi bagi janin karena mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.

Pada perkembangan janin 4 bulan, ia sudah memiliki kemampuan untuk menelan air ketuban. Hal ini karena mulut janin sudah berkembang dan mulai berfungsi dengan baik. Menelan air ketuban juga menjadi cara janin melatih kemampuannya untuk minum atau menyusui.

7. Mulai bisa melakukan gerakan sederhana

Selain menelan air ketuban, janin 4 bulan juga mulai bisa melakukan berbagai gerakan sederhana, seperti mengubah posisi, menggerakkan kaki, mengepalkan tangan, atau mengisap ibu jari. Namun, karena ukuran janin masih terlalu kecil, gerakan-gerakan tersebut masih belum bisa dirasakan dengan jelas oleh Bumil.

Itulah berbagai perkembangan janin 4 bulan. Guna mendukung perkembangan janin, Bumil dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, asam folat, dan zat besi.

Selain itu, Bumil juga dapat melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, pastikan Bumil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh Bumil beserta durasinya.

Untuk terus memantau perkembangan janin 4 bulan, Bumil disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Bumil juga dapat memberi tahu dokter bila mengalami beberapa keluhan di awal kehamilan trimester kedua agar bisa mendapatkan penanganan yang sesuai.