Ada beragam manfaat sit up, terutama untuk memperindah bentuk perut. Dengan melakukan sit up secara rutin, latihan ini bisa mengencangkan otot-otot perut, sehingga perut Anda tampak lebih rata.

Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang dapat melatih kekuatan otot dan membuat otot menjadi lebih kencang. Tidak hanya otot perut, sit up juga melatih otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, hingga leher.

5 Manfaat Sit Up, Salah Satunya Memperindah Bentuk Perut - Alodokter

Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan sit up secara teratur:

1. Meningkatkan massa otot

Sit up dapat mengencangkan dan meningkatkan massa otot, terutama otot perut dan pinggul. Bahkan, ada studi yang menunjukkan bahwa sit up dapat menurunkan risiko terjadinya sarkopenia pada lansia, yaitu kondisi di mana massa otot mengalami penurunan karena penuaan otot.

2. Memperbaiki keseimbangan tubuh

Sit up melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot panggul, pinggul, dan punggung bawah, sehingga melakukan olahraga ini secara rutin akan memberikan efek yang baik dalam memperbaiki keseimbangan tubuh.

3. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik dapat membuat tubuh Anda tampak lebih proporsional dan mengurangi risiko terjadinya berbagai asalah, seperti cedera pada otot dan sendi serta skoliosis. Nah, untuk memperbaiki postur tubuh, Anda bisa melakukan gerakan sit up.

Namun, latihan ini sebaiknya dijauhi, jika Anda sedang mengalami keluhan nyeri punggung atau saraf terjepit. Ini karena gerakan sit up bisa membuat otot punggung mengencang, sehingga gejala nyeri punggung bisa semakin parah.

4. Memperindah bentuk perut

Sit up juga dapat dilakukan sebagai latihan otot-otot inti tubuh (core muscles), sehingga membuat otot-otot perut menjadi lebih kencang dan tampak lebih rata. Namun, untuk memaksimalkan manfaat sit up yang satu ini, Anda juga perlu melakukan olahraga aerobik untuk membakar lemak perut.

5. Membakar lebih banyak kalori

Selain manfaat sit up di atas, melakukan sit up dalam jangka panjang dapat membakar lebih banyak kalori. Hal ini karena sit up yang dilakukan secara teratur akan membentuk sel otot, dan sel otot inilah yang akan aktif membakar kalori dibandingkan sel lemak.

Cara Melakukan Sit Up dengan Benar

Melakukan gerakan sit up dengan benar sangatlah penting demi menghindari kerusakan atau cedera pada otot-otot tubuh. Oleh karena itu, berikut adalah langkah melakukan sit up yang benar:

  • Mulailah dengan posisi berbaring telentang, kemudian tekuk lutut dan kaki menapak di lantai, agar tubuh tetap stabil.
  • Letakkan tangan dalam posisi silang di atas dada atau letakkan di dekat telinga.
  • Angkat badan ke atas ke arah lutut sambil menghembuskan napas saat melakukannya.
  • Turunkan badan kembali ke posisi berbaring seperti semula sambil menarik napas.

Bagi yang baru memulai berlatih, Anda bisa mendapatkan manfaat sit up dengan melakukan 10 kali sit up sehari. Setelah itu, Anda bisa menambahnya secara bertahap sesuai kemampuan tubuh.

Selain dilakukan di rumah, Anda juga bisa menggunakan alat sit up yang biasanya tersedia di gym atau pusat kebugaran. Alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan sit up dalam posisi duduk guna mencegah ketegangan pada leher.

Sit up merupakan salah satu olahraga otot yang memiliki banyak manfaat, Meski begitu, Anda perlu hati-hati melakukannya karena jika tekniknya salah, sit up berisiko menyebabkan cedera.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda minta bantuan instruktur fitness atau menonton beberapa tayangan video di internet tentang cara melakukan sit up yang benar. Bila perlu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui keamanan melakukan sit up terhadap kondisi tubuh Anda.