Apel merupakan salah satu pilihan buah yang baik diberikan kepada anak. Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, buah berwarna merah ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, lho, Bun. Yuk, cari tahu manfaat buah apel untuk kesehatan anak pada artikel berikut ini.

Buah apel menyimpan beragam vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin C, K, B1, B2, B9, kalium, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, dan kalsium. Selain itu, apel juga mengandung serat, karbohidrat, dan senyawa aktif lainnya yang menyehatkan tubuh.

Petik Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Anak - Alodokter

Inilah Manfaat Buah Apel untuk Anak

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah apel, maka tidak heran lagi jika buah ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat buah apel untuk anak yang sayang untuk dilewatkan:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan anak

Ketika Si Kecil mengalami masalah pencernaan, biasanya ia cenderung menjadi rewel, Bun. Untuk mencegahnya, Bunda bisa rutin memberikannya buah apel. Buah ini mengandung serat larut atau pektin yang dapat memelihara bakteri baik dalam usus dan melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit dan infeksi pada saluran cerna Si Kecil.

2. Mencegah anak mengalami obesitas

Anak yang obesitas akan rentan mengalami asma, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, patah tulang, hingga kerusakan hati. Nah, supaya Si Kecil terhindar dari obesitas dan risiko yang mengikutinya, pastikan ia selalu mengonsumsi makanan sehat, contohnya buah apel.

Kandungan serat dan air dalam buah apel dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Hal ini bisa membuat Si Kecil terhindar dari kebiasaan makan atau ngemil terus menerus yang bisa menyebabkan obesitas. Selain itu, rasa apel yang manis juga dapat mengurangi keinginan anak untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.

3. Meningkatkan kesehatan tulang anak

Buah apel mengandung kalsium yang dapat menunjang pertumbuhan tulang, gigi, otot, serta sistem saraf anak. Selain itu, kandungan kalium di dalam buah apel juga diketahui dapat mencegah kerusakan tulang seiring pertambahan usianya. Dengan tulang yang kuat dan sehat, Si Kecil akan lebih energik dan produktif dalam menjalankan aktivitasnya.

4. Mendukung perkembangan kognitif anak

Buah apel kaya akan kandungan tembaga yang diketahui baik untuk perkembangan kognitif anak. Dengan rutin mengonsumsi apel, Si Kecil akan memiliki kecerdasan rata-rata serta keterampilan sosial yang lebih baik.

5. Meningkatkan sistem imunitas anak

Meski jumlahnya sedikit, vitamin C yang terkandung pada buah apel dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh Si Kecil, lho, Bun. Vitamin C akan bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung pembentukan dan perbaikan sel darah merah serta jaringan tubuhnya.

Buah apel sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak. Jadi, Bunda bisa memasukkan buah ini ke dalam menu makanan harian Si Kecil, ya. Agar Si Kecil lebih mudah mengonsumsinya, Bunda bisa memotong buah apel menjadi kecil-kecil atau menjadikannya jus.

Jangan lupa, belilah apel dalam kondisi yang masih baik dan pastikan Bunda mencucinya sampai bersih sebelum diberikan kepada Si Kecil. Hal ini guna menghindari adanya kotoran atau bakteri yang mungkin menempel pada kulit buah apel.

Selain rutin makan buah apel, Si Kecil juga perlu mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya supaya tumbuh kembangnya lebih optimal. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pilihan makanan yang baik dikonsumsi oleh Si Kecil.