Obat anyang-anyangan dikonsumsi untuk mengatasi nyeri saat buang air kecil. Meski keluhan ini bisa diredakan dengan pengobatan alami, obat dari dokter umumnya diperlukan untuk melawan infeksi kuman yang menimbulkan gejala lebih berat.

Anyang-anyangan, atau dalam istilah medis disebut disuria, merupakan rasa sakit atau tidak nyaman saat buang air kecil. Kondisi ini umumnya dialami wanita, tetapi pria juga bisa mengalaminya.

Pilihan Obat Anyang-anyangan secara Medis dan Alami - Alodokter

Penyebab utama anyang-anyangan adalah infeksi saluran kemih (ISK). Namun, ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan gejala ini, seperti infeksi kandung kemih, batu ginjal, infeksi menular seksual, gangguan prostat, dan infeksi rahim.

Apabila disebabkan oleh infeksi bakteri, gejala nyeri saat buang air kecil akan diatasi dengan penggunaan obat medis. Sementara itu, pengobatan alami biasanya bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah kekambuhan.

Berbagai Obat Anyang-anyangan secara Alami

Berikut ini adalah beberapa obat alami anyang-anyangan yang dapat Anda gunakan:

1. Jus cranberry

Jus cranberry merupakan salah satu pilihan obat anyang-anyangan secara alami. Cranberry dipercaya dapat mengubah sifat urine menjadi lebih asam, sehingga dapat menyingkirkan bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Agar manfaat yang diperoleh dapat maksimal, jus cranberry harus diminum tanpa tambahan pemanis. Apabila Anda tidak suka dengan rasa jus cranberry, ekstrak cranberry juga tersedia dalam bentuk kapsul agar lebih mudah diminum.

2. Makanan kaya akan vitamin C

Konsumsi makanan kaya vitamin C bisa menjadi pilihan obat anyang-anyangan. Ini karena makanan tinggi vitamin C juga bisa membuat urine lebih asam, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C meliputi stroberi, jambu biji, brokoli, jambu, kale, kiwi, lemon, leci, pepaya, dan jeruk.

3. Probiotik

Probiotik juga dapat menjadi pilihan obat anyang-anyangan bagi wanita. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi minuman probiotik dapat terhindar dari kambuhnya ISK. Beberapa sumber makanan dan minuman yang mengandung probiotik adalah kefir, kimchi, kombucha, dan yoghurt.

4. Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tanaman herba ini dikenal dapat meredakan berbagai gejala dari gangguan kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih.

Ini karena kandungan allicin di dalamnya yang bersifat antimikroba, sehingga bawang putih bisa menjadi pilihan obat anyang-anyang. Untuk dijadikan obat anyang-anyangan, bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung atau dimasukkan ke dalam masakan.

Obat Anyang-anyangan secara Medis

Obat anyang-anyangan tergantung penyebab penyakit yang dialami. Karena umumnya anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran kemih, dokter akan memberikan antibiotik setelah penderita melakukan tes urine.

Selain itu, untuk meredakan rasa sakit, dokter juga akan memberikan obat antinyeri, misalnya paracetamol. Apabila ISK yang dialami cukup parah atau terdapat infeksi pada ginjal, penderitanya harus menjalani perawatan di rumah sakit dan mendapatkan antibiotik melalui infus.

Agar obat anyang-anyangan bekerja efektif, penderitanya perlu mengonsumsi banyak air putih. Hal ini bisa membantu tubuh mengeluarkan bakteri melalui urine. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol dan berkafein harus dihindari.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar obat anyang-anyangan atau ketika pengobatan secara alami sudah dilakukan tapi keluhan menetap dan disertai gejala lain, seperti demam dan nyeri pinggang berat, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai kondisi Anda.