Tidak sedikit pasangan suami istri yang lebih suka melakukan hubungan seksual di malam hari daripada di pagi hari. Padahal, hubungan seksual di pagi hari memiliki banyak manfaat, lho.

Bagi kebanyakan orang, pagi hari merupakan waktu yang penuh dengan kegiatan, mulai dari membuat sarapan, membereskan rumah, menyiapkan kebutuhan sekolah anak, hingga bersiap-siap pergi ke kantor. Sibuknya aktivitas di pagi hari inilah yang membuat banyak pasangan enggan untuk melakukan hubungan seksual.

Seks di Pagi Hari, Apa Kelebihannya? - Alodokter

Padahal, dibandingkan dengan malam hari, pagi hari merupakan waktu yang lebih ideal untuk bercinta. Bercinta di pagi hari juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai harimu dan pasanganmu.

Ini Manfaat Hubungan Seks di Pagi Hari

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan hubungan seksual di pagi hari, di antaranya adalah:

1. Bercinta jadi lebih menyenangkan

Di pagi hari, sekitar pukul 6–9 pagi, kadar hormon testoteron dan estrogen akan melonjak naik. Tingginya hormon ini akan membuat seseorang menjadi lebih bergairah untuk bercinta. Efeknya, hubungan seksual jadi terasa lebih menyenangkan. Ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap mood-mu sepanjang hari.

2. Tubuh lebih prima untuk berhubungan seksual

Tingginya hormon testoteron diketahui dapat meningkatkan performa pria di ranjang. Jadi, berhubungan seks di pagi hari bisa membuat ereksi menjadi lebih maksimal dan lebih lama. Selain itu, ketika bangun di pagi hari, tubuh sudah menjadi lebih segar dan pikiran lebih rileks. Hal ini akan membuat momen bercinta jadi lebih nyaman untuk dilakukan.

3. Tingkat stres menurun

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa melakukan aktivitas yang menyenangkan di pagi hari, seperti berhubungan seks, dapat menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh. Hal ini akan membuatmu dan pasanganmu lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, bercinta juga melepaskan hormon-hormon yang berkaitan dengan rasa senang, seperti endorfin dan oksitosin. Kedua hormon ini akan membuat suasana hati menjadi lebih baik serta mempererat hubunganmu dengan pasangan.

4. Kerja otak menjadi lebih baik

Saat bercinta, tubuh juga melepas hormon dopamin, yaitu hormon yang berperan pada berbagai fungsi tubuh. Selain meningkatkan suasana hati, hormon ini diketahui juga berkontribusi dalam fungsi penalaran, daya ingat, serta fungsi sistem motorik. Dengan tingginya kadar hormon ini di pagi hari, kinerjamu di kantor juga bisa semakin baik.

5. Sebagai bentuk olahraga di pagi

Berhubungan seksual di pagi hari bisa disamakan dengan olahraga dan setara dengan jalan pagi, lho. Penelitian menyatakan bahwa berhubungan seks mampu membakar 5 kalori per menit. Berarti, jika kamu bercinta selama 15 menit, kamu bisa membakar energi sebanyak 75 kalori.

Itulah beberapa manfaat berhubungan seksual di pagi hari. Menarik, kan? Setelah ini, kamu bisa mencoba membicarakannya dengan pasanganmu dan mengatur jadwal bercinta di pagi hari.

Supaya tidak mengganggu rutinitas pagimu, cobalah bangun 20–60 menit lebih awal daripada biasanya. Jika memang merasa malas untuk bangun lebih pagi, tidak masalah. Kamu bisa bercinta saat mandi bersama, kok. Momen ini juga bisa menjadi variasi bercinta yang menyenangkan.

Melakukan hubungan seksual di pagi hari bisa membuatmu merasakan kepuasan yang maksimal dan suasana hati yang baik sepanjang hari. Namun, pastikan tidak mengeluarkan energi terlalu banyak agar kamu tidak malah kelelahan untuk melanjutkan rutinitasmu.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar hubungan seks atau performa seksual, jangan ragu untuk bertanya ke dokter, apalagi jika kamu dan pasanganmu memang memiliki keluhan tertentu atau sedang berusaha memiliki momongan.