Bibir kering tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Untuk mengatasinya, ada cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba, baik melalui perawatan dari luar maupun dari dalam.  

Tidak seperti bagian kulit tubuh lainnya, kulit bibir cenderng sensitif karena tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit dari sinar matahari.

Kenali Penyebab dan 4 Cara Mengatasi Bibir Kering - Alodokter

Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkannya. Hal inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dibandingkan bagian kulit lainnya.

Berbagai Penyebab Bibir Kering

Bibir kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari maupun faktor lingkungan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Sinar matahari

Tidak hanya kulit tubuh yang harus terlindung dari sinar matahari, tetapi juga bibir. Bila tidak terlindungi, paparan sinar UV dari matahari juga dapat membuat bibir menjadi kering dan bahkan melepuh.

Kebiasaan menjilat bibir

Saat bibir kering, tanpa sadar Anda akan menjilat bibir dengan maksud membasahinya agar tidak kering. Faktanya, kebiasaan ini justru membuat bibir menjadi lebih kering.

Hal ini karena kandungan enzim di dalam air liur justru dapat menghilangkan kelembapan alami bibir.

Pelembap bibir dengan perasa

Pelembap bibir dengan perasa, seperti stroberi, ceri, atau jeruk, memang memiliki aroma yang harum. Akan tetapi, mengoleskan pelembap dengan perasa justru dapat menyebabkan bibir menjadi kering, sebab dapat memicu Anda membasahi bibir berulang kali sehingga bibir mudah kering dan pecah-pecah.

Bahan kimia iritatif

Beberapa orang dapat mengalami masalah bibir kering ketika terpapar dengan bahan kimia yang bersifat iritatif. Iritasi dapat menyebabkan kulit bibir rusak dan meradang sehingga bibir mudah kering. Bahan-bahan ini biasa ditemukan pada pewarna, parfum, atau sabun berbahan keras.

Penggunaan obat-obatan

Konsumsi obat atau suplemen tertentu juga dapat memicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah, di antaranya vitamin A, retinoid, litium, kortikosteroid, dan obat-obatan kanker.

Kebiasaan menggigit benda dari logam

Sebagian orang memiliki kebiasaan menggigit penjepit kertas, jepit rambut, sedotan besi, maupun perhiasan dari logam. Nah, bila Anda salah satunya, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut, karena dapat memperparah kondisi bibir kering.

Selain hal-hal di atas, kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab bibir kering, seperti dehidrasi, kurang zat besi dan vitamin B, infeksi, kondisi autoimun, serta alergi.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat yang meliputi:

1. Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan sangatlah penting dilakukan guna mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi ini dapat ditandai dengan berbagai gejala dan salah satunya adalah bibir kering. Nah, dengan rutin minum air putih, Anda pun akan terhindar dari kondisi bibir kering.

2. Konsumsi makanan kaya akan vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan iritasi di pinggiran bibir (angular cheilitis). Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B, seperti telur, daging, ikan, tempe, tahu, sayuran berdaun hijau, dan nasi merah, dapat mengatasi bibir kering yang Anda alami.

3. Gunakan pelembap bibir

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga tidak dapat melembapkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pelembap bibir setiap harinya, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Gunakan pelembap bibir dengan SPF guna mencegah bibir pecah-pecah akibat paparan sinar matahari

Anda pun bisa menggunakan produk pelembap bibir yang mengandung petroleum, cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, minyak kelapa, atau beeswax. Selain itu, pilihlah pelembap bibir tanpa pewangi dan perasa.

4. Jaga kelembapan udara

Udara kering merupakan salah satu penyebab bibir kering. Jika udara di sekitar Anda terasa kering hingga menyebabkan kulit dan bibir kering, Anda dapat mencoba menggunakan alat pelembap udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara.

Cara mengatasi bibir kering dapat dimulai dengan berbagai cara sederhana di atas. Namun, bila bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.