Umumnya anak-anak bergerak aktif sepanjang hari. Wajar bila tubuh anak  berkeringat, sehingga dapat menyebabkan bau badan. Namun, hal ini sebaiknya jangan dibiarkan. Ada berbagai cara menghilangkan bau badan pada anak agar tidak mengganggu aktivitasnya.

Bau badan pada anak seringkali dialami sebelum masa pubertas. Hal ini dikarenakan pada masa tersebut hormon-hormon mulai mengalami perubahan seiring tubuh yang semakin matang.

Seperti Ini Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak - Alodokter

Beragam Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak

Terkadang sebagian anak tidak menghiraukan bau badan pada dirinya. Namun ketika sudah memasuki masa pubertas atau remaja, barulah mereka mungkin menyadari akan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan badan.

Sebagai orang tua, Anda perlu mengajarkan anak mengenai kebersihan badan, termasuk mengajarkan bagaimana cara mencegah dan menghilangkan bau badan pada anak Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bau badan pada anak:

  • Rutin mandi pagi dan sore, terutama setelah banyak beraktivitas atau berkeringat.
  • Mengenakan pakaian dalam dan kaus kaki bersih setiap harinya.
  • Mencuci sprei dan handuk secara berkala (3-5 hari sekali).

Selain itu, makanan juga dipercaya dapat memicu munculnya bau badan, terutama jenis makanan yang membuat tubuh lebih banyak berkeringat, seperti makanan pedas (cabai), atau makanan yang mengandung bawang. Menghindari jenis-jenis makanan tersebut dapat dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan bau badan pada anak.

Produk Perawatan Tubuh yang Dapat Digunakan Anak

Sebenarnya langkah terbaik sebagai cara menghilangkan bau badan pada anak adalah mandi secara teratur dan memastikan untuk mencuci setiap bagian dari tubuh dengan bersih. Namun, anak yang sudah remaja (pubertas) mungkin membutuhkan perawatan lebih, karena seringkali bau badan pada masa ini merupakan bagian dari proses perkembangan fisik, akibat berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya.

Anak usia remaja dapat diajarkan menggunakan sabun antibakteri, deodoran, dan antiperspirant. Sabun antibakteri membantu membunuh bakteri yang berinteraksi dengan keringat pemicu bau badan. Sementara deodoran mencegah bakteri berkembang biak, dan antiperspirant memblokir saluran keringat sehingga menghasilkan lebih sedikit keringat. Namun, pilih dengan hati-hati, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit pada sebagian anak.

Untuk memperoleh informasi lebih detail tentang cara menjaga kebersihan diri, termasuk cara menghilangkan bau badan pada anak, orang tua dapat mengajak anak berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan beberapa produk yang baik untuk merawat kebersihan tubuh anak Anda.