Bau ketiak dengan aroma yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, mari ketahui cara menghilangkan bau ketiak agar masalah ini tidak membuat Anda risau.

Cara menghilangkan bau ketiak adalah salah satu topik yang sering ditanyakan, terutama oleh anak-anak yang baru memasuki masa pubertas. Pada masa inilah biasanya bau badan atau bau ketiak mulai muncul.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan Mencegahnya Datang Lagi - Alodokter

Bau badan terjadi akibat perpaduan antara bakteri pada kulit ketiak dan keringat yang dikeluarkan kelenjar keringat di ketiak saat tubuh kepanasan. Sebenarnya, keringat bisa dihasilkan hampir di seluruh tubuh. Akan tetapi, keringat yang dihasilkan di ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak.

Kandungan protein dan lemak pada keringat di ketiak inilah yang membedakan bau ketiak dengan bau keringat biasa. Ketika bercampur dengan bakteri, protein akan dipecah oleh bakteri dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak agar Tak Datang Kembali

Agar bisa beraktivitas tanpa kehilangan percaya diri, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba:

1. Menjaga kebersihan tubuh

Mandilah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Saat mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area ketiak dibersihkan dengan benar. Anda bisa mencoba menggunakan sabun antibakteri untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Menggunakan deodoran

Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk lalu oleskan antiperspiran atau deodoran pada ketiak. Antiperspiran dan deodoran memiliki fungsi yang berbeda dalam mencegah bau badan.

Antiperspiran mengandung senyawa berbasis aluminium yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih, sementara deodoran membuat suasana kulit menjadi lebih asam sehingga bakteri tidak bisa tumbuh.

3. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat

Kenakan pakaian yang yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun dan linen. Selain itu, usahakan untuk segera mengganti pakaian jika pakaian yang Anda kenakan telah basah oleh keringat. Hal ini agar kulit tidak lembap dan bakteri tidak mudah tumbuh.

4. Menjaga pola makan

Makanan yang Anda makan bisa memengaruhi bau badan Anda. Kurangi atau batasi makanan pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini dapat membuat keringat Anda berbau lebih menyengat. Bahkan, alkohol pun dapat memengaruhi bau keringat Anda.

5. Mencukur bulu ketiak secara teratur

Untuk mengurangi risiko munculnya bau ketiak, Anda perlu untuk mencukur bulu ketiak secara teratur. Pasalnya, bulu ketiak dapat menahan penguapan keringat, sehingga ketiak menjadi lembap dan membuat bakteri penyebab bau badan berkembang biak dengan cepat.

Terapkan cara menghilangkan bau ketiak tersebut agar masalah ini tak lagi muncul. Jika cara-cara tersebut telah Anda terapkan tetapi bau ketiak masih mengganggu, konsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang efektif.