Susu oat bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda menjalani pola makan vegan atau memiliki alergi terhadap susu sapi. Kandungan nutrisi dalam susu ini tidak kalah banyaknya dengan jenis susu lain, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Susu oat merupakan salah satu jenis susu nabati yang dikenal sebagai pengganti susu sapi. Susu ini terbuat dari oat yang direndam dalam air dan di blender. Setelah itu, hasil campurannya akan disaring dan menghasilkan susu oat.

Susu Oat, Ketahui Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan - Alodokter

Jika dibandingkan dengan susu nabati lainnya, susu oat memiliki kandungan nutrisi yang cukup melimpah, terutama protein dan mineral, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan minuman sehat bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Susu Oat

Di dalam 1 gelas atau setara dengan 240 mililiter susu oat terkandung 120 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 16 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 3 gram protein
  • 350 miligram kalsium
  • 269 miligram fosfor
  • 389 miligram kalium
  • 1,2 mikrogram vitamin B12

Selain itu, susu oat juga mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, tokoferol, dan avenanthramide

Berbagai Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, tak heran jika susu oat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menjadi susu alternatif pengganti susu sapi

Susu oat sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menerapkan pola makan vegan. Selain itu, susu ini menjadi alternatif pengganti susu sapi untuk orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti alergi susu atau intoleransi laktosa

Hal ini karena susu oat tidak mengandung laktosa yang bisa memicu reaksi alergi, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan kalium yang tinggi dalam susu oat berperan penting dalam mempertahankan massa tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos dan terhindar dari risiko terkena osteoporosis

Selain itu, susu oat juga mengandung vitamin B12 yang juga dapat menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin ini bisa memicu tulang menjadi keropos dan mudah rapuh. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi susu oat secara rutin guna mencegah terjadinya masalah pada tulang.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Susu oat mengandung serat larut bernama beta glukan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan bahwa serat larut dalam susu oat akan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi, terutama penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Karbohidrat yang bersumber dari serat yang ada di dalam susu oat dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Selain itu, susu ini mampu mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan, seperti sembelit.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat lain dari susu oat adalah mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan susu oat memiliki kandungan antioksidan, terutama flavonoid, yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh pemicu terjadinya kanker.

Cara Membuat Susu Oat

Susu oat dapat Anda temukan di supermarket dan dengan berbagai varian. Namun, Anda juga bisa membuat susu oat di rumah dengan beberapa langkah mudah dan cepat berikut ini:

  • Campurkan 1 cangkir (80 gram) gandum utuh yang belum diproses dengan 3 cangkir (720 mililiter) air dingin, kemudian hancurkan dengan blender selama 30 detik.
  • Saring gandum menggunakan kain kasa sampai terpisah susu dan ampas gandum.
  • Peras cairan yang tersisa pada kain kasa dengan hati-hati..

Susu oat umumnya tidak mengandung gluten yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan pada penderita penyakit celiac. Jika Anda ingin menderita penyakit tersebut dan ingin mengonsumsi susu oat, pilihlah yang berlabel “bebas gluten” guna mencegah terjadinya alergi.

Susu oat aman dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak. Namun, susu ini tidak bisa dijadikan sebagai pengganti ASI karena tidak mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Jika Anda ingin mengonsumsi susu oat secara rutin tetapi memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit ginjal, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna memastikan apakah susu ini aman untuk Anda konsumsi secara rutin atau tidak. Konsultasi tersebut dapat Anda lakukan secara cepat melalui Chat bersama Dokter.