Buah naga putih tak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, tetapi juga menyehatkan. Beragam kandungan nutrisi dalam buah ini dikenal baik untuk melancarkan pencernaan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, buah naga putih juga memiliki beragam manfaat lain.

Buah naga putih merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam golongan kaktus. Buah ini memiliki kulit yang tampak bersisik dan berwarna merah muda dengan daging buah berwarna putih. Dari rasa dan teksturnya, buah naga putih seperti percampuran antara buah kiwi, pir, dan semangka.

Inilah 5 Manfaat Buah Naga Putih bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Kandungan Nutrisi Buah Naga Putih

Dalam 100 gram buah naga putih, terkandung sekitar 100 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • 2,9 gram serat
  • 1,18 gram protein
  • 18 miligram kalsium
  • 40 miligram magnesium
  • 2,5 miligram vitamin C
  • 0,74 miligram zat besi

Selain itu, buah naga putih juga mengandung vitamin A serta antioksidan, seperti betasianin, hidroksinamat, dan flavonoid.

Pada dasarnya, kandungan nutrisi buah naga putih dan buah naga merah tidak jauh berbeda. Akan tetapi, buah naga merah memiliki kalori lebih rendah daripada buah naga putih, yaitu hanya sekitar 60 kalori per 100 gram.

Berbagai Manfaat Buah Naga Putih untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah naga putih:

1. Melancarkan pencernaan

Buah naga putih adalah salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Buah naga putih juga mengandung mengandung prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

2. Mencegah kerusakan sel tubuh

Buah naga putih mengandung antioksidan flavonoid dan betasianin yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Kerusakan sel tubuh diyakini sebagai salah satu penyebab kanker dan munculnya penuaan dini pada kulit.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada buah naga putih tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Manfaat ini juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting agar Anda selalu terhindar dari berbagai penyakit, baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit.

Agar daya tahan tubuh tetap kuat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah naga putih. Hal ini dikarenakan buah naga putih kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

5. Menjaga berat badan

Buah naga putih merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Selain itu, buah naga putih juga tinggi serat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk makan berlebih atau ngemil pun akan berkurang.

Namun, Anda tidak bisa hanya mengandalkan buah naga putih untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan ideal bisa Anda peroleh dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu berolahraga secara rutin dan mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Beberapa manfaat di atas menunjukkan bahwa buah naga putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, buah naga putih bisa saja menyebabkan alergi pada sebagian orang. Meski demikian, kasus alergi terhadap buah naga putih sangat jarang terjadi.

Untuk mandapatkan manfaatnya secara maksimal, pilihlah buah naga putih yang masih segar. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu dan potonglah buah naga putih dengan pisau atau alat potong lain yang bersih.

Anda dapat mengonsumsi buah naga putih secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran salad buah.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu dan ragu untuk mengonsumsi buah ini atau bila mengalami gejala tertentu setelah mengonsumsi buah naga putih, seperti gatal-gatal, muntah, atau sesak napas, segera periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.